10 Cara mencegah dan menghilangkan sembelit

sembelit

Sudahkah kamu buang air besar hari ini? Jika tubuh kamu merasa lelah, kembung dan tubuh terasa tidak enak, maka kemungkinan karena kamu belum buang air besar. Ikat pinggang menyempit, tidur tak nyenyak, dan bahkan munculnya jerawat keesokan harinya bisa jadi karena kamu kena sembelit. Jangan khawatir, semua itu akan hilang. Menurut para ahli, ada 10 cara untuk menjauhkan sembelit dari diri kamu. Dikutip dari Kompas.com, selengkapnya bisa kamu simak dibawah ini:

1. Jangan melewatkan makan
“Makan merangsang refleks yang membuat isi di dalam perut bergerak menuju ke usus besar,” kata Joanne AP Wilson, MD, ahli pencernaan dan profesor kedokteran di Duke University Hospital di Durham, NC. Ketika tidak ada pergerakan, kamu tentu tidak akan buang air besar. Beri sistem tubuh “tendangan” yang diperlukan di awal dengan sarapan. Penelitian menunjukkan, makan sarapan yang mengandung protein bisa membantu kamu menghindari ancaman gula yang bisa memicu kenaikan berat badan.

2. Tambah asupan serat perlahan
Terlalu banyak mengkonsumsi serat sekaligus bisa menggerakkan semuanya, tetapi tidak tanpa masalah kembung, gas, dan mungkin diare. Jika sebelumnya perut kamu tak terlalu akrab dengan serat, cobalah konsumsi suplemen serat.

3. Konsumsi gandum
Serat bersifat lembut dan membantu menggerakkan feses, kata Elaine Feldman, MD, profesor emeritus of medicine di Medical College of Georgia. Tapi kamu tidak harus mencekoki tubuh kamu dengan satu kotak gandum setiap hari. Tiga porsi sayuran, dua porsi buah-buahan, dan beberapa roti gandum sudah cukup untuk menggerakkan isi perut bersamaan. Termasuk kacang-kacangan yang juga bisa membantu membasmi sembelit.

4. Cobalah pencahar alami
“Jika kamu merasa tidak nyaman karena sembelit, padahal kamu sedang dalam perjalanan jauh dan tidak bisa pergi ke gym atau makan buah-buahan dan sayuran, cobalah mengkonsumsi pencahar alami, seperti susu, atau jus prune,” kata Dr Wilson. “Terkadang bahkan, secangkir kaldu hangat bisa membantu pencernaan kamu bergerak lebih cepat.”

5. Keluarkan dengan banyak minum air
Minum enam sampai delapan gelas (8 ons) air setiap hari untuk melunakkan feses, kata Robyn Karlstadt, MD, seorang ahli pencernaan di Rumah Sakit Graduate di Philadelphia. Siapkan botol kosong diisi dengan air dan letakkan di meja kamu. Habiskan dalam sehari.

6. Jadwalkan waktu ke toilet kamu
Bangun tidur, mandi, ambil sarapan dan memakannya dalam perjalanan kamu ke kantor memang baik untuk produktivitas, tetapi tidak untuk pencernaan kamu. Makan di pagi hari seperti membangunkan usus besar kamu, dan toilet umum biasanya tidak kondusif memenuhi ketenangan yang kamu butuhkan saat BAB. Sebaiknya, jadwalkan waktu di pagi hari untuk BAB sampai tuntas, kata Nicolette Francey, MD, profesor kedokteran di New York Medical College. “Biasanya, usus besar siap untuk melepaskan isinya sekitar setengah jam setelah makan pertama.”

7. Duduk, jangan tegang
Mencoba “memaksanya” keluar tidak akan meringankan sembelit kamu, bahkan bisa membuatnya semakin buruk. Kamu justru membuat diri kamu berisiko terkena wasir atau tonjolan pada jaringan rektum, juga dikenal sebagai prolaps rektum. Jika kamu tetap tidak bisa “mengeluarkannya” setelah 15 menit, berhentilah dan tinggalkan toilet.

8. Jongkok
“Jika kamu sembelit, berjongkok akan meluruskan sudut usus kamu dan mengeluarkan feses lebih cepat,” kata Jacqueline Wolf, MD, seorang ahli sistem pencernaan dan asosiasi profesor kedokteran di Harvard Medical School.

9. Minum kopi
Penelitian dari Inggris dan berbagai laporan anekdot menunjukkan, secangkir kopi berkafein dapat merangsang pergerakan usus. Sementara para pakar, masih berdebat bagaimana kopi bisa bekerja seperi itu, secangkir kopi java perlu dicoba jika kamu tidak memiliki masalah dengan kafein.

10. Ketika semuanya gagal, cobalah berolahraga
Para ahli tidak sepenuhnya yakin mengapa, tetapi latihan akan merangsang fungsi usus. Berjalan, berenang, atau melakukan latihan aerobik lain selama 30 menit tiga kali seminggu cukup untuk mengatasi sembelit. Tetapi ingat, kamu harus tetap terhidrasi.

loading...