10 Kejadian penting hari ini dalam sejarah dunia

Peristiwa-penting

Setiap waktu adalah momentum. Hari yang terdiri dari 24 jam, merupakan urutan waktu yang di dalamnya terjadi sejumlah peristiwa penting. Dalam sejarah peradaban manusia di bumi, tak seikit peristiwa penting yang terjadi pada hari ini, tepatnya tanggal 2 Maret. Dilansir dari laman Pojoksatu.id, berikut ini 10 peristiwa penting yang terjadi pada 2 Maret dari tahun ke tahun. Simak selengkapnya dibawah ini dan semoga bisa menambah pengetahuan Anda.

1. Budapest Dikuasai Ottoman
2 Maret 1525, Budapest, ibu kota Hongaria, diduduki oleh pasukan Imperium Ottoman. Peristiwa ini terjadi dalam era Perang Mohacs antara Ottoman-Hongaria. Dalam perang yang terjadi di kota Mohac ini, Raja Louis II dari Hongaria dikalahkan oleh Raja Sulayman I dari Turki. Saat itu, Hungaria hanya memiliki 28.000 pasukan sementara tentara Turki berjumlah 200.000 orang.

Raja Louis II dan 25.000 pasukannya tewas di pertempuran ini dan imperium Ottoman berkuasa di sana selama 150 tahun. Kota Mohac juga menjadi saksi kemenangan Hongaria di tahun 1687 dalam mengakhiri kekuasaan Turki di negeri itu.

Baca:   Kecurigaan Nenek Saat Mandikan Jasad Cewek Korban Geng Motor Cirebon, Ternyata...

2. Maroko Merdeka
2 Maret 1956, Maroko meraih kemerdekaannya. Maroko terletak di utara Afrika, di tepi laut Mediterania dan Samudera Atlantik, serta berbatasan dengan Aljazair dan Sahara Barat. Maroko pada akhir abad ke-7 ditaklukkan oleh kaum muslimin dan diperintah oleh beberapa dinasti muslim. Mulai abad ke-15, Maroko jatuh ke tangan Portugis dan Sapnyol, lalu pada tahun 1906 resmi berada di bawah penjajahan Perancis.

3. Sir Vivian Fuchs Taklukan Antartika
2 Maret 1958, Sir Vivian Fuchs dan tim Persemakmurannya menyelesaikan penyeberangan darat pertama di Antartika; menggunakan traktor salju dan tim anjing serta didukung oleh pesawat, mereka menyeberang dari Filchner Ice Shelf ke McMurdo Sound dalam 99 hari.

4. Film King Kong
2 Maret 1933, Film King Kong ditayangkan di Radio City Music Hall, memberikan ketenaran instan dengan film rakasa paling populer sepanjang masa.

5. Rekor Wilt Chamberlain
2 Maret 1962 Wilt Chamberlain mencetak 100 poin untuk Philadelphia Warriors dalam pertandingan basket tunggal yang dimainkan di Hershey, Pa., melawan New York Knicks; tidak ada pemain NBA yang pernah mencetak skor sebanyak itu.

Baca:   7 Peristiwa paling mencekam di tahun kabisat, dalam 15 detik 15 ribu orang tewas di tanggal 29 Februari

6. Demo Mahasiswa awal Orde Baru
2 Maret 1969 mahasiswa UGM Yogyakarta turun ke jalan. Aksi ini dipicu pemukulan yang dilakukan Taruna Akabri kepada 2 mahasiswa fakultas teknik UGM. Mahasiswa melakukan demonstrasi dengan berjalan kaki ada pula yang bersepeda. Kejadian pemukulan tersebut terjadi akibat pengejekan mahasiswa kepada Taruna Angkatan Udara di Yogyakarta.

Aksi ini juga menjadi cukal bakal meletusnya aksi demontrasi pada bulan Mei 1969, yang merupakan klimaks dari persoalan ketimpangan sosial antara mahasiswa dan pihak Taruna Angkatan Udara. Kurun waktu tersebut merupakan masa awal pemerintahan orde baru sedang mencari format politik. Peristiwa 2 Maret 1969 termuat dalam surat-surat kabar di Yogyakarta. Pemerintah melakukan tindakan represif terhadap mahasiswa, yang ingin mengakhiri konflik melalui cara dialog.

Akhirnya perdamaian pun dicapai melalui pertemuan yang dihadiri para petinggi militer dan pihak universitas di Gedung Agung.

Baca:   Sejarah Hari Pendidikan Nasional 2 Mei

7. Bom Bunuh Diri
2 Maret 2004, terjadi serangan bom bunuh diri di Irak. Serangan bom bunuh diri simultan di masjid Syiah di Baghdad dan Karbala menewaskan lebih dari 280 orang.

8. Libya Mulai Membuka Diri
2 Maret 2007, Moammar Gadhafi menyatakan sudah tiba waktunya bagi Libya untuk membuka diri terhadap dunia, dan bahwa suatu hari kelak, Libya tidak lagi membutuhkan dirinya sebagai pemimpin. Gadhafi juga mengeluhkan Libya belum menerima kompensasi yang sesuai sebagaimana dijanjikan AS karena Libya menghentikan riset nuklirnya. Gadhafi mengatakan hal ini dapat membuat negara lain, seperti Korea Utara dan Iran, tidak akan menghentikan program nuklir mereka.

9. Penerbang Buta Terbang ke Australia
2 Maret 2007, Miles Hilton-Barber, seorang penerbang buta berusaha terbang dari Britania ke Australia dalam usaha mengumpulkan dana sebesar ₤1 juta untuk mencegah kebutaan.

10. Longsor Uganda
2 Maret 2010 Terjadi sebuah tanah longsor setelah hujan deras di Gunung Elgon, Bududa, Uganda, yang menyebabkan lebih dari 100 orang tewas.

loading...