10 Kerjaan sampingan yang bisa hasilkan banyak uang, Anda pasti ketagihan!

Ilustrasi mata uang

Ilustrasi mata uang

Apakah saat ini Anda masih bekerja sebagai karyawan? Jika iya, jangan khawatir bahwa penghasilan Anda akan selalu sama setiap bulannya dan tidak mengalami peningkatan sama sekali karena hanya mengandalkan gaji. Diluar sana banyak ide dan pelunag bisa Anda coba untuk dijalankan sebagai bisnis sampingan sehingga ada penghasilan tambahan bagi Anda. Tapi ingat, jangan sampai pekerjaan sampingan tersebut mengganggu produkstivitas Anda di tempat kerja.

Berikut 10 ide bisnis sampingan seperti dikutip Cermati.com yang bisa anda lakukan di luar waktu bekerja anda:

1. Guru Memancing
Tak ada salahnya jika Anda menjalankan usaha sampingan sesuai hobi anda di bidang memancing. Seseorang yang memiliki hobi memancing tentunya akan banyak mengenal seluk beluk soal memancing mulai dari teknik, peralatan, bahkan hingga ke mana menjual ikan-ikan. Caranya cukup mudah, Anda dapat menyediakan peralatan alat pancing dan memasarkannya pada teman-teman Anda yang memiliki hobi yang sama.

Jika Anda memiliki kendala modal, Anda bisa menjual keahlian Anda dalam hal memancing. Bila Anda ingin menjual kemampuan memancing Anda secara online, maka menjual eBook cara memancing adalah cara terbaik dan termurah.

2. Guru Les Memasak
Sama halnya dengan memancing. Usaha makanan juga berbasis hobi dan keahlian. Bila Anda tidak memiliki modal untuk membuat usaha makanan, Anda masih memiliki peluang usaha sampingan dari kemampuan Anda tersebut, yaitu dengan menjual eBook. Buatlah eBook tentang masakan atau kue-kue dengan resep khas dari Anda. Selain itu, anda bisa berjualan buku online anda lewat media sosial. Menyenangkan, bukan?

3. Web Developer
Di dunia yang sangat digital seperti saat ini, web developer sangat dibutuhkan untuk membuat bisnis seperti e-commerce, website, dan start up. Banyak orang ingin membuat bisnis dan melebarkannya melalui media online. Berdasarkan dari berbagai referensi dan sumber, harga jasa untuk membuat sebuah website atau blog sangat beragam, yakni berkisar dari Rp500.000 hingga Rp100 juta per website. Apalagi jika anda memiliki portofolio atau jam terbang yang mumpuni, bukan tidak mungkin bayaran anda sangat tinggi.

Baca:   50 Orang terkaya di Indonesia tahun 2015 versi Forbes

4. Guru Les Musik
Ada banyak sekali orang yang ingin memiliki kemampuan dalam bermain musik, bahkan mereka rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk belajar musik dari orang lain. Anda mungkin memiliki keahlian pada alat musik, misalnya seperti gitar, biola, piano, terompet, drum, bass, dan lain-lain, manfaatkanlah keahlian Anda itu menjadi peluang usaha sampingan yang bisa memberikan keuntungan buat Anda.

5. Bisnis MLM
Dahulu bisnis MLM banyak dijalankan secara offline. Namun, sejak bisnis MLM dijalankan secara online, proses pemasaran menjadi jauh lebih mudah dari sebelumnya. Seorang karyawan atau bahkan seorang ibu rumah tangga dapat menjalankan bisnis MLM online di manapun dan kapanpun tanpa harus mengganggu pekerjaan utamanya. Banyak produk yang ditawarkan melalui MLM, mulai dari produk makanan, obat-obatan, hingga produk jasa bayar-bayar. Sebut saja MLM Paytren milik Ustad Yusuf Mansur, bisnis ini sangat prospektif anda lakukan.

6. Penjual Barang Bekas
Bisnis secara online saat ini cukup beragam, salah satunya adalah menjual kembali barang-barang bekas layak pakai atau yang biasa disebut sebagai secondhand shop. Apalagi ada layanan toko online seperti OLX, ada bisa memainkan bisnis barang bekas ini dari tangan orang lain sebagaimana layaknya broker atau makelar.

Baca:   5 Alasan kenapa orang malas bisa lebih sukses

7. Fotografer
Jikalau Anda rajin hunting dengan menggunakan kamera mirror lens, SLR, maupun pocket dengan pixel yang tinggi ada baiknya shoot foto objek dengan jumlah cukup banyak. Karena Anda dapat menjual stok foto tersebut ke beberapa website fotografi seperti photostock. Anda juga bisa menjualnya di kawan-kawan media yang membutuhkan stok foto untuk dipublikasikan. Lebih baik hasil foto Anda dipergunakan dengan berguna ketimbang hanya menjadi koleksi di desktop Anda, bukan?

8. Admin Sosial Media
Sejauh ini akun di sosial media semakin marak, apalagi beberapa akun tersebut memiliki informasi sekaligus pengunjungnya yang cukup bagus. Atau, ada pebisnis online yang membutuhkan jasa admin sosmed, anda bisa menjadi solusinya. Tentunya ini perlu jam terbang dan portofolio agar pelanggan percaya kepada anda. Selain itu, keprofesionalan anda juga sudah harus teruji.

9. Freelance Writer
Ini adalah bisnis yang sedang tren yakni menjadi penulis lepas atau freelance writer. Anda yang memiliki hobi menulis ada baiknya menyalurkannya menjadi sebuah bisnis. Saat ini terdapat beberapa situ marketplace yang menyediakan berbagai lowongan khusus untuk pekerja freelance salah satunya adalah sebagai penulis.

10. Bisnis Online Shop
Bisnis online shop semacam reseller saat ini sangat menjamur. Bisnis reseller tak akan merepotkan Anda untuk mengeluarkan modal yang banyak, Anda cukup memasarkan produk tersebut dari mulut ke mulut, lewat sosial media, atau menjual di kios. Bisa juga anda memanfaatkan sistem dropship sehingga anda tak perlu menstock barang untuk dijual kembali. Sebagai pihak ketiga anda hanya berfungsi sebagai perantara transaksi saja.

Biasanya yang menyediakan jasa reseller memberikan harga dasar agar Anda bisa mendapat keuntungan dari penjualan Anda.