10 Makanan yang dapat melawan kanker payudara

kanker payudara

Salah satu penyakit yang selalu menghantui kaum wanita adalah kanker payudara. Meskipun begitu, hingga saat ini belum diketahui pasti apa yang menyebabkan kanker payudara. Sebagai informasi, kanker payudara kini menjadi pembunuh paling kejam setelah kanker leher rahim. Menurut data, jumlah penderita kanker payudara di Indonesia saat ini sudah mencapai 26 per 100.000 orang.

Salah satu cara untuk mencegah semakin luasnya penyebaran penyakit kanker payudara adalah menjaga pola makan. Dilansri Liputan6.com, berikut 10 makanan yang dapat melawan penyakit kanker payudara. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. Buah delima
Berdasarkan penelitian ilmuwan di City of Hope Beckman Research Institute, buah yang satu ini dikenal mengandung senyawa asam ellagic. Antioksidan kuat yang dapat menghambat enzim yang berperan dalam perkembangan kanker payudara. Tak hanya itu, buah delima juga dikaitkan mampu memperkuat kesehatan jantung.

2. Bayam
Sebagai sumber makanan yang tinggi folat, bayam dapat mencegah berkembangnya sel-sel jahat penyebab kanker. Menurut studi American Journal of Epidemiology tahun 2011, wanita premenopause yang rajin mengonsumsi bayam memiliki risiko 40 persen lebih rendah mengidap kanker payudara.

Baca:   4 Kebiasaan Buruk Yang Sering dilakukan Pada Pagi Hari

3. Ikan salmon
Peneliti di Toronto Mount Sinai Hospital menemukan, konsumsi ikan salmon yang kaya kandungan asam docosahezaenoic (DHA) serta omega-3 dapat membunuh sel kanker di payudara dan membantu menghentikan penyebaran penyakit ke bagian lain dari tubuh.

4. Telur
Telur mengandung nutrisi penting bernama Kolin yang dapat menurunkan risiko menderita kanker payudara sebesar 24 persen. Demikian menurut studi di Amerika Serikat yang melibatkan lebih dari 3.000 responden. Disarankan, perempuan harus memenuhi 425 miligram Kolin per hari untuk terhindar dari kanker payudara.

5. Jamur
Studi dari Nutrition and Cancer pada tahun 2010 menyatakan, kebiasaan mengonsumsi jamur erat kaitannya dengan rendahnya risiko kanker payudara di kalangan perempuan pra-menopause. Antioksidan seperti L-ergothioneine dalam jamur tiram, cremini, atau shiitake dapat memberikan perlindungan terhadap kanker.

6. Brokoli kecambah
Tanaman ini dikenal memiliki kandungan tinggi sulforaphane yang terkait dengan antioksidan. Peneliti dari University of Michigan menyebutkan senyawa ini dapat menghancurkan sel-sel tumor.

Baca:   7 Hal Ini Bisa Anda Sesali Jika Anda Tidak Lakukan Sekarang, Ingat Kesehatan Anda Penting

7. Blueberry
Pterostilbene, senyawa dalam blueberry diketahui dapat menghentikan pertumbuhan tumor maupun kanker payudara dengan proses apoptosis.

8. Kenari
Penelitian dari West Virginia Marshall University School of Medicine menemukan kandungan omega-3, antioksidan, dan pitosterol pada kenari dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Dengan mengonsumsi 60 gram kenari setiap hari, perkembangan tumor dan kanker payudara dapat dihentikan.

9. Roti gandum
Konsumsi roti gandum diketahui dapat menghambat risiko kanker payudara. Serat, lignan, vitamin, mineral, dan asam fitat phytonutrisi dalam roti gandum baik untuk mereka yang tengah berjuang dengan kanker payudara.

10. Lentil
Studi dari The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2009 menganalisis pola diet lebih dari 3.500 perempuan Asia-Amerka. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa asupan tinggi kacang polong yang meliputi lentil dan kacang-kacangan lainnya dapat menghambat risiko kanker payudara.