10 Negara Paling Damai di Dunia, Selama Ribuan Tahun Tidak Pernah Ada Perang

negara-damai

Salah satu faktor yang membuat sebuah negara nyaman untuk didiami oleh warganya adalah kondisi keamanan. Indeks Perdamaian Global (GPI) yang disusun Institut Ekonomi dan Perdamaian mencoba menyusun negara-negara paling damai di dunia.

Ada 22 indikator yang digunakan untuk menentukan level kedamaian sebuah negara misalnya angka kejahatan, hubungan dengan negara sekitar dan tak pernah terlibat perang. Berikut 10 negara terdamai di dunia 2016 versi Institut Ekonomi dan Perdamaian, dikutip dari tribunnews.com. Selengkapnya dibawah ini:

10. Republik Ceko
Republik Ceko adalah negara kecil di Eropa yang berbatasan dengan Jerman, Austria, Slovakia, dan Polandia. Para wisatawan yang datang ke Ceko tak perlu khawatir soal kekerasan atau perampokan. Sebab, Ceko adalah salah satu negara dengan tingkat kejahatan paling rendah di dunia.

Baca:   Mengejutkan, Tukang Kebun di Kanada ini Ternyata di Negaranya Adalah Seorang...

9. Australia
Hampir semua tersedia di Australia, mulai dari kesempatan kerja, cuaca yang menyenangkan, infrstruktur yang baik, sistem pendidikan yang bagus dan keindahan alam. Tak hanya itu, angka kejahatan seperti perampokan, pemerkosaan dan pembunuhan di Negeri Kanguru ini sangat rendah. Sehingga siapapun bisa bepergian di negeri ini dengan aman.

8. Jepang
Angka kejahatan di negeri dengan teknologi sangat maju ini dikenal sangat rendah. Pembunhuan atau kekerasan lainnya jarang terjadi di negeri ini. Selain itu Jepang adalah negara kaya dan menjadi kekuatan ekonomi ketiga terbesar di dunia dengan hubungan internasional yang sangat baik.

Baca:   Bukan Hanya di Toraja, di Filipina Pun Ada Kuburan diatas Tebing

7. Kanada
Bagi pemerintah Kanada, keamanan rakyatnya adalah salah satu faktor utama untuk membentuk sebuah negara yang baik. Tak heran, negeri ini kemudian memiliki tingkat kriminalitas yang sangat rendah. Ujungnya, tingkat kepuasan rakyat Kanada terhadap kondisi negaranya sangat tinggi.

6. Finlandia
Finlandia adalah salah satu negeri dengan level korupsi terkecil di dunia. Kuatnya sistem hukum menciptakan pemerintahan yang akuntabel dan terbuka.

4. Selandia Baru
Selandia Baru dikenal memiliki layanan sosial yang luar biasa, jumlah narapidana yang minim serta hubungan baik dengan negara di sekitarnya. Negeri ini juga memiliki sistem hukum yang independen dan kuat serta kepolisian yang berdedikasi tinggi.

Baca:   Madonna Akan Lelang Celana Dalamnya 45 Juta, Siapa Mau?

3. Austria
Negeri Eropa ini merupakan salah satu negara yang paling nyaman untuk ditinggali karena rendahnya angka kejahatan. Austria juga dikenal karena kebersihannya dan memiliki undang-undang daur ulang yang ketat untuk melindungi lingkungan.

2. Denmark
Seperti halnya Finlandia, negeri Skandinavia ini juga merupakan negara dengan tingkat korupsi yang sangat kecil. Negeri ini juga dikenal dengan level kesetaraan gender yang tinggi. Kondisi ini membuat keterlibatan perempuan dalam bidang politik, kesehatan dan pendidikan sangat kuat.

1. Islandia
Menurut daftar GPI 2016, Islandia menjadi negara paling damai dan nyaman untuk ditinggali. Negeri ini memiliki level demokrasi yang nyaris sempurna, kesetaraan gender dan tingkat kejahatan yang sangat rendah.

loading...