10 Penyebab sakit kepala sebelah yang tidak banyak diketahui

sakit-kepala-sebelah

Migrain atau sakit kepala sebelah sering kali mengganggu aktivitas seseorang. Hal itu karena orang yang mengidap sakit kepala sebelah sering kali merasakan sakit kepala yang luar biasa hebat di salah satu sisi dari kepala. Lalu apa yang memicu timbulnya sakit migrain atau sakit kepala sebelah? Umumnya migrain disebabkan oleh alkohol, suara keras, daging olahan dan paparan sinar matahari.

Namun tidak hanya itu, migrain juga disebabkan oleh beberapa hal lain yang patut Anda ketahui. Berikut ulasannya yang dilansir dari Sindonews, Selasa 29 Desember 2015. Semoga setelah mengetahui penyebabnya, Anda bisa menghindarinya agar Anda tidak selalu merasakan sakit yang luar biasa hebat.

1. Makanan yang tak disimpan dengan benar
Penyimpanan makanan yang tidak tepat atau terlalu lama ditinggalkan bisa memicu migrain. Untuk itu, jika Anda tidak ingin menghabiskan makanan, sebaiknya simpan makanan di lemari es atau dalam wadah kedap udara.

Baca:   Mualaf cantik Korea Selatan ini bikin heboh netizen

2. Stres
Saat stres, sel-sel tertentu di otak akan bereaksi secara aktif untuk melawan. Hal tersebut rupanya mempengaruhi sistem pembuluh darah di otak yang menyebabkan migrain. Selain itu, stres juga memicu perasaan cemas dan dapat memicu migrain hingga memperparah serangan migrain.

3. Kelebihan kafein
Kelebihan konsumsi kafein dan berhenti mengkonsumsi kafein secara tiba-tiba memicu migrain. Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah yang peka terhadap kafein, sehingga penurunan secara tiba-tiba akan menyebabkan tubuh mengalami gejala putus zat, termasuk migrain.

4. Lingkungan
Beberapa orang mengalami migrain ketika mencium parfum yang menyengat. Bau menyengat ini tentunya tidak dapat dihindari ketika Anda berada di tempat umum. Parahnya, beberapa orang juga bisa mengalami migrain ketika berada di dekat lampu berkedip-kedip.

5. Menstruasi
Umumnya, sebelum dan selama menstruasi, wanita kerap mengalami migrain. Migrain biasanya terjadi karena penurunan kadar estrogen. Anda bisa menghindarinya dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang dan olahraga secara teratur.

Baca:   Nyamar Jadi Pria Selama 43 Tahun, Nenek Ini Dapat Penghargaan Sebagai Sosok Ibu Ideal

6. Melewatkan waktu makan
Melewatkan waktu makan malam dipercaya mampu memicu migrain. Hal ini terjadi karena tubuh akan kehabisan tenaga sebagai hasil dari kurangnya nutrisi. Lelah yang berlebihan juga bisa menimbulkan migrain.

7. Kurang tidur
Demi kesehatan, para ahli menganjurkan tidur malam selama delapan jam. Jika kurang, keesokan harinya Anda pun mudah terserang migrain.

8. Cokelat
Makanan yang mengandung kakao seperti cokelat dipercaya menyebabkan migrain. Hal ini disebabkan oleh phenylethylamine yang terkandung dalam kakao bisa menyebabkan ekspansi dan kontraksi pembuluh darah.

9. Ikan
Migrain bisa disebabkan oleh ikan kaleng atau ikan yang diasinkan. Pasalnya, ikan-ikan tersebut mengandung bahan pengawet dengan nitrat.

10. Pemanis buatan
Berhati-hatilah bila Anda kerap mengkonsumsi pemanis buatan, seperti aspartame. Untuk itu hindari minuman diet, makanan rendah kalori dan permen bebas gula.