10 ‘The Next Messi’ dari Berbagai Penjuru dunia

the-next-messi

Jika tidak tahu Lionel Messi, maka orang tersebut bukan penikmat sepak bola. Ya, nama Lionel Messi memang bukan nama yang asing lagi bagi siapapun yang sering menyaksikan sepak bola. Karena kemampuannya yang luar biasa, Messi menjadikan Barcelona sebagai klub sepak bola terkuat di di dunia saat ini. Messi adalah sosok yang punya kemampuan yang sangat komplit. Tak heran jika Messi selalu menjadi patokan saat pemain-pemain belia dengan kemampuan memikat muncul.

Label ‘The Next Messi‘ sepertinya akan langsung melekat pada setiap talenta muda yang punya potensi luar biasa. Messi seakan menjadi model bagaimana seharusnya seorang pemain muda bermain. Dilansir dari Sindonews.com, berikut 10 pemain muda berlabel titisan Messi di dari berbagai penjuru dunia.

1. Li Ming
Setiap pemain muda yang mampu menggiring bola dengan piawai lewat kaki kirinya sepertinya akan langsung dijuluki penerus pemain terbaik dunia, Lionel Messi. Salah satunya adalah Li Ming yang kerap disebut ‘New Messi’ dari China. Usianya memang masih 15 tahun, tapi ia punya segalanya untuk bisa mengikuti jejak La Pulga -julukan Messi-. Bila kita melihat permainannya di You Tube, pemain bertubuh kurus itu punya kecepatan dan kekuatan dalam tendangannya. Li Ming kini masih membela salah satu klub China yakni Qingdao Chengyang.

2. Claudio Nancufil
Sedikit yang diketahui seputar talenta muda milik Argentina ini, tapi Claudio Nancufil telah lama menjadi headline surat kabar dunia. Berasal dari negara yang sama yakni Argentina, penampilan Claudio kerap mengingatkan kita pada aksi Messi bersama Barcelona di atas lapangan hijau. Bocah mungil yang di Argentina berlabel ‘Mapuche Messi’ atau ‘Messi Salju’ ini,  merujuk pada tempat tinggalnya di kawasan bersalju Andes. Claudio diklaim memiliki bakat mengolah si kulit bundar yang alami.

Lahir di Bariloche, sebuah kawasan dataran tinggi di Argentina, Claudio membuat banyak kalangan terpukau dengan aksi-aksi seperti yang biasa diperlihatkan Messi. Claudio memiliki teknik luar biasa dan kontrol bola mengagumkan untuk anak seusianya, bila kita melihat videonya di You Tube ia langsung menjadi anak yang paling menonjol. Claudio kabarnya sedang menjalani trial di Real Madrid.

Baca:   5 Calon Pengganti Van Persie & Falcao di MU Musim Depan

3. Takefusa Kubo
Bila banyak anak kecil bercita-cita ingin menjadi penerus Lionel Messi, tapi pemain ajaib asal Jepang, Takefusa Kubo mempunyai semua atribut untuk mengikuti jejak bintang asal Argentina tersebut. Aksi Kubo bahkan sempat memaksa Barca memagari pemain berusia 13 tahun itu, tapi sayang La Blaugrana -julukan Barca- harus mendapatkan sanksi embargo transfer dari FIFA. Barca dinyatakan bersalah karena mendatangkan pemain di bawah umur yang sudah ditentukan dan Kubo berada di antara pemain yang didatangkan Barca.

Akhirnya Barca terpaksa menjual Kubo kembali ke FC Tokyo. Kubo sendiri masih berpeluang membela klub raksasa Catalan hingga berusia 18 tahun dan hingga saat itu tiba, Kubo masih harus menunjukkan performa terbaik di tanah kelahirannya.

4. Martin Odegaard
Bergabung bersama Real Madrid di usia muda pada 2014 lalu, nama Martin Odegaard langsung menyita publik sepak bola dunia. Odegaard adalah pemain termuda yang pernah membela timnas Norwegia, pada usia 15 tahun dan 300 hari untuk membawa negaranya menang 2-1 atas Bulgaria pada penyisihan Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2016 di Ullevaal. Pemain yang kerap dijuluki Messi dari Norwegia itu memang punya skill luar biasa, namun sejauh ini sang pemain masih harus membuktikan kualitasnya agar bisa masuk skuat utama El Real.

5. Iker Moreno
Moreno adalah pemain berusia 11 tahun yang kerap dijuluki ‘Messi Meksiko’ karen aksinya yang kerap meliuk-liuk di antara pemain lawan. Tidak banyak yang diketahui soal Moreno, tapi kabarnya legenda Real Madrid dan Portugal, Luis Figo tengah memantau perkembangan pemain muda tersebut. Kemampuan dribbling Moreno sangat luar biasa untuk anak seusianya.

6. Alen Halilovic
Penampilan ajaib pemain asal Kroasia, Alen Halilovic telah menarik minat Barcelona untuk membawanya dari Dinamo Zagreb dengan mahar 2,2 juta euro. Bakat terpendam pria mungil itu terpantau pertama kali oleh klub Kroasia, Dinamo Zagreb sebelum hijrah ke skuat Catalan. Pemain yang punya kekuatan pada kaki kirinya tersebut, membuatnya kerap dijuluki sebagai Messi dari Balkan atau Eropa Timur.

Baca:   Messi Paling 'Subur' Buang Peluang di Liga Champions

7. Zak Gilsenan
Satu lagi pemain yang layak mendapatkan julukan sebagai titisan Lionel Messi lewat aksinya di atas rumput hijau, adalah Zak Gilsenan yang punya skil mengagumkan sepertinya halnya Messiah. Pemain 11 tahun kelahiran Irlandia itu kini coba mengikuti jejak sang bintang dengan bergabung bersama akademi La Masia milik Barcelona. Skuat Catalan sepertinya tidak perlu cemas mencari pengganti Messi, lantaran bertabur talenta muda dalam akademi pemain muda mereka.

8. Christian Atsu
Julukan Messi hitam melekat pada sosok Christian Atsu yang hijrah ke Chelsea pada 2013 lalu, tapi sayang ia masih gagal menembus skuat utama The Blues. The Blues sukses mendatangkan Christian Atsu dari FC Porto dengan mahar senilai 3.5 juta pounds dan menandatangani kontrak selama lima tahun. Tapi sayang Atsu lebih banyak menjalani masa peminjaman, di antaranya bersama klub Eredivisie; Vitesse Arnhem dan Everton. Modal teknik luar biasa, membuat Atsu yang kelahiran Ghana itu kerap dibandingkan dengan Messi.

9. Luciano Vietto
Pemain yang akan menjadi pemain Atletico Madrid ini diyakini bisa menjadi The Next Messi di Liga Spanyol. Pemain berusia 21 tahun itu memang memiliki skill mengolah bola dan finishing istimewa. Musim lalu saja, ia mencetak 20 gol dari 48 laga bersama Villarreal di semua kompetisi. Kini Vietto akan beraksi bersama Atletico mulai musim depan untuk menggantikan peran Mario Mandzukic yang bergabung bersama Juventus pada bursa transfer musim panas.

10. Tristan Alif Naufal
Tidak mau kalah, Indonesia juga menempatkan wakilnya pada deretan 10 pemain berlabel titisan Lionel Messi. Dia adalah Tristan Alif Naufal yang kerap dijuluki New Lionel Messi dari Indonesia. Masih berusia 10 tahun, tapi kemampuannya mengolah bola tak ada yang bisa menyangkal. Ia membuat mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola, terkagum-kagum karena melihat kelihaiannya.

Bahkan klub sebesar Ajax Amsterdam kabarnya sangat tertarik mengamankan jasanya. Di satu sisi, klub papan atas Eredivisie itu begitu terpikat dengan kemampuan Tristan, namun di sisi lain Ajax terbentur dengan regulasi FIFA terkait Pemain Muda Non Uni Eropa.