10 Trik menghemat kuota internet meski online terus

kuota internet cepat habis

Penggunaan internet saat ini sudah seperti kebutuhan pokok yang tidak bisa dipisahka dari kehidupan manusia. Tanpa kuota internet, hidup serasa hampa karena tidak bisa melakukan aktivitas di sosial media maupun belanja online dll. Namun, persoalan kuota sering menjadi kendala bagi banyak orang karena kebutuhan pemakaian yang juga besar. Akibatnya, untuk bisa terus online, maka harus mengeluarkan dana lebih agar tetap bisa menggunakan internet.

Namun, lama-lama penggunaan kuota internet yang terlalu besar justru bisa menguras kantong. Nah, agar masalah ini tidak terjadi pada Anda, berikut 10 trik jitu menghemat kuota internet seperti diulas Cermati.com yang patut Anda perhatikan:

1. Ubah fitur Maps Anda ke Mode Offline
Tips ampuh pertama untuk bisa menghemat kuota internet adalah dengan mengubah fitur ‘Maps’ Anda ke mode offline. Aplikasi Maps pada sebuah ponsel pintar memang mampu menguras kuota inetrnet Anda dengan cepat. Untuk sistem Android, Anda bisa menyentuh Search Bar di atas aplikasi Maps. Setelah itu Anda bisa menggesernya kebawah sampai bertemu pilihan `Save map to use offline’.

2. Gunakan Aplikasi `Mailbox` Untuk Keperluan Email
Salah satu hal yang juga sering membuat kuota internet cepat habis adalah penggunaan email. Penggunaan email seperti berkirim surat, mengunggah, dan mengunduh file attachment dari email tentunya akan membuat kuota Anda tersedot banyak. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengunduh aplikasi Mailbox dari Dropbox yang telah tersedia diplatfom Android dan iOS.

Baca:   5 Hal Negatif Yang Mesti Kamu Batasi di Jejering Sosial

3. Pakai Browser yang Lebih Efisien
Sebuah browser atau peramban ternyata juga mampu membuat kuota internet Anda terkuras habis. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mendownload dan menggunakan browser yang lebih efisien seperti Opera Mini. Browser ini memang sudah banyak terbukti dan banyak dipercaya mampu menyimpan kuota data internet Anda secara primer dengan mengompres website yang Anda kunjungi.

Dengan fitur data-saving `video boost`, Anda akan mampu mengurangi proses buffer dan mampu mengoptimalkan kualitas gambar tanpa perlu menyedot data internet yang besar. Selain Opera Mini, Anda juga bisa menggunakan browser Google Chrome tentunya dengan sebuah strategi khusus. Caranya adalah buka Chrome, sentuh ikon tiga titik di kanan atas, pilih Settings, lalu sentuh Bandwith dan pilih Data Saver untuk mematikan data saving.

4. Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi yang Tidak Diinginkan
Ternyata ada banyak akun yang melakukan sinkronisasi otomatis pada smartphone Anda yang membuat kuota internet Anda terambil secara langsung tanpa Anda sadari. Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mematikan atau menon- aktifkan sinkronisasi otomatis ini pada beberapa akun yang ada jarang gunakan. Caranya Anda bisa masuk ke menu Settings > Accounts > kemudian pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Dengan cara ini Anda akan mampu menghemat kuota data yang anda miliki dengan baik.

5. Batasi Penggunaan Mobile Data dan Aktifkan Peringatannya
Tips lain adalah dengan membatasi penggunaan mobile data melalui pengaktifan peringatan. Untuk mengatur penggunaan mobile data ini Anda bisa masuk ke Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit dan tap untuk mengaktifkannya.

Baca:   Oppo A37 Resmi Masuk Indonesia, Ini Harga Resminya

6. Batasi Penggunaan Data di Background (Restrict Background Data)
Kadangkala habisnya kuota internet ini disebabkan oleh penggunaan data otomatis di background smartphone Anda. Dan hal ini seringkali juga tidak banyak yang menyadarinya. Untuk mematikan penggunaan data di background ini Anda bisa masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Cara ini agak beresiko, sebab Anda akan tertinggal notifikasi secara aktif.

7. Identifikasikan Aplikasi yang Menyedot Kuota Data
Memang akan ada beberapa aplikasi yang telah Anda download dan Anda install yang lebih banyak menyedot kuota. Bagaimana cara mengetahuinya? Caranya Anda bisa menuju menu Settings > Data Usage dan scroll ke bawah. Di sinilah Anda akan menemukan daftar aplikasi yang memakan banyak kuota. Untuk menghemat kuota Anda harus melakukan uninstall aplikasi yang banyak mengambil kuota tersebut.

8. Batasi Penggunaan Data di Masing-Masing Aplikasi
Beberapa aplikasi memang memiliki opsi sinkronisasi dan opsi pengaturan datanya sendiri. Cara pengaturannya Anda bisa mengaksesnya melalui menu setting pada aplikasi yang ingin Anda atur. Seperti misalnya pada aplikasi Google Photos, kamu bisa masuk ke Settings > Back Up & Sync untuk melihat opsi penghematan data.

Baca:   Gunakan iPhone Saat Sedang dicas, Wanita Malaysia Tewas Kesetrum

9. Batasi Update Aplikasi, Kecuali Jika Terhubung dengan WiFi
Bagaimana jika kita memiliki puluhan aplikasi yang secara bersamaan membutuhkan update (pembaharuan) via kuota data? Tentu saja akan makin banyak kuota yang yang diambil. Maka untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengubah pengaturan update aplikasi dengan cara hanya saat perangkat terhubung dengan WiFi yang gratis. Pembaharuan juga jika tidak terlalu penting sebaiknya abaikan saja.

Anda bisa perhatikan dalam keterangan aplikasi di Google Play dalam kolom keterangan fitur apa saja yang akan ditambahkan. Sekiranya tidak terlalu penting, tunda saja dulu proses update.

10. Menggunakan Aplikasi Kompresi Data
Terakhir, tips ampuh untuk bisa menghemat kuota internet adalah dengan menggunakan aplikasi yang bisa melakukan kompresi data guna menghemat kuota internet. Salah satu yang bisa dipakai adalah Onavo Extend, aplikasi ini bekerja dengan cara menganalisa semua aplikasi yang ada pada perangkat Android kita. Meski aplikasi Onavo Extend ini tidak dapat melakukan kompresi video, namun Onavo tetap akan mampu menjadi pilihan yang tepat apabila Anda ingin menghemat kuota internet.

Selain itu, untuk menangani hal ini, Anda juga bisa aktifkan opsi Wifi only. Dengan begini, aplikasi baru akan meng-update datanya hanya pada saat ponsel Anda terkoneksi dengan WiFi. Untuk mengaktifkannya, cobalah untuk masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

loading...