11 Hal sepele yang bisa ungkap kepribadian lawan bicara

kepribadian-lawan-bicara

Setiap manusia punya kepribadian yang berbeda-beda. Bahkan kembar pun belum tentu punya kepribadian yang sama. Namun, untuk bisa mengetahui kepribadian seseorang, boleh dibilang tidak begitu sulit, namun tidak juga mudah. Hanya dengan melihat hal-hal kecil yang mungkin sepele, kamu sudah bisa mengetahui kepribadian lawan bicara kamu. Dilansir Liputan6.com, hal-hal kecil bisa menceritakan banyak hal tentang psikologi dan kepribadian seseorang.

Dalam penelitian ilmiah, beberapa perilaku umum digunakan untuk menilai kepribadian orang. Seperti apa itu? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

1. Jabat tangan
Banyak orang yang menilai seseorang berdasarkan jabat tangan. “Jabat tangan yang kuat biasanya mencerminkan karakter yang kuat dan percaya diri. Adapun jabat tangan yang lemah biasanya menunjukkan kurangnya kepercayaan diri dan hampir selalu merupakan karakteristik orang-orang yang mencari cara mudah dalam melakukan pekerjaan,” tulis Julian Parge.

2. Apakah datang tepat waktu
Kamu pernah terlambat ketika janji dengan orang? Membuat orang lain menunggu bisa menciptakan kesan negatif dari kepribadian kamu. “Seseorang yang proaktif akan berada di sana pada waktunya, karena ia memotivasi diri, mental terorganisasi, dan menghargai waktu. Orang yang suka menunda-nunda akan terburu-buru dan datang terlambat,” kata Humaira Siddiqui.

Menurut ilmu pengetahuan, mereka yang terlambat kronis belum tentu orang yang tidak pengertian. Bisa saja mereka orang yang lebih santai.

3. Perlakukan staf restoran
Beberapa orang mengatakan mereka memperhatikan bagaimana orang lain berinteraksi dengan pelayan. “Saya tidak akan pernah berkencan dengan pria yang kasar kepada staf restoran,” kata Sati Marie Frost. Bahkan seorang eksekutif mengatakan kamu dapat belajar banyak tentang seseorang berdasarkan cara dia memperlakukan pelayan, pelayan hotel, dan penjaga keamanan. Ron Shaich, CEO dari Panera Bread, mengatakan ia pernah menolak mempekerjakan seseorang karena dia baik padanya, tapi kasar kepada seseorang yang membersihkan meja di dekatnya.

Baca:   Heboh, Curahan Hati Pengusaha Istrinya Nikah Diam-Diam dan Punya Anak 4

4. Cara minum dari cangkir
Seseorang yang melihat ke dalam cangkir ketika minum cenderung lebih introspektif, sadar diri, idealis, dan terfokus. Seseorang yang melihat ke bibir cangkir ketika minum cenderung lebih dipengaruhi oleh orang lain, lebih sadar lingkungan, riang, ekstrovert, dan percaya.

5. Menggigit kuku
Penelitian menunjukkan mereka yang menggigit kuku atau menarik rambut mereka atau memegang kulit mereka cenderung perfeksionis, tidak dapat bersantai.

6. Tulisan tangan
Tulisan tangan kamu bisa mengatakan banyak tentang kamu. Orang-orang yang menempatkan banyak tekanan pada pena dan kertas untuk menulis sesuatu biasanya keras kepala dalam sikap. Mereka memiliki banyak keyakinan. Grafologis profesional Kathi McKnight mengatakan huruf besar menunjukkan kamu orang yang berorientasi, sedangkan huruf kecil menunjukkan kamu introvert. Huruf yang miring ke kanan dapat berarti kamu ramah dan sentimental, mereka yang tidak miring sama sekali mungkin kamu pragmatis, dan tulisan yang miring ke kiri menunjukkan kamu introspektif.

7. Seberapa sering melihat telepon
Seorang pengguna anonim situs tanya jawab Quora menulis tentang orang memeriksa ponsel ketika menunggu, berbicara dengan orang tua mereka, berada di luar dengan teman-teman, atau ketika mereka sedang sendirian di depan umum. Apabila kamu terus-menerus mengecek email atau feed Facebook, menunjukkan kamu mungkin kurang stabil secara emosional dan mencoba meningkatkan suasana hati kamu.

Baca:   Demi Temukan Jodoh, Wanita Ini Tawarkan Rp 134 Juta Kepada Siapapun Yang Membantunya

8. Kontak mata
Jabat tangan yang lemas dan kurang stabilnya kontak mata menunjukkan kurangnya pengendalian diri, memerlukan dorongan untuk menindaklanjuti, dan kemauan yang lemah. Psikolog Adrian Furnham, PhD, menulis dalam Psychology Today menungkap, orang ekstrovert cenderung lebih sering dan lebih lama melihat saat berbicara daripada introvert. Secara umum, orang-orang yang melihat pasangan mereka lebih sering lebih percaya diri dan dominan secara sosial.

9. Musik kesukaan
Mengutip sebuah studi 2003, pengguna Quora Humaira Siddiqui mengatakan bahwa dia menilai orang berdasarkan jenis musik yang mereka dengarkan. Studi ini menemukan orang yang mendengarkan musik ‘reflektif dan kompleks’ cenderung terbuka dengan pengalaman baru dan politik liberal. Mereka yang mendengarkan upbeat dan konvensional lebih mungkin menjadi ekstrovert dan atletis.

10. Warna favorit
Shivani Jha memiliki teori warna pilihan kamu mengungkapkan kepribadian kamu. Misalnya saja apabila warna favorit kamu kuning, kamu orang yang logis dan bernilai individualitas. Psikolog industri Bernardo Tirado mengelompokkannya sedikit berbeda. Menurut Tirado di Psychology Today, pencinta merah ulet dan bertekad, sementara pencinta kuning senang belajar dan menemukan kebahagiaan dengan mudah.

11. Anjing atau kucing
Orang bisa menilai kamu berdasarkan hewan peliharaan kamu. Sebuah studi menemukan orang yang lebih memilih anjing umumnya lebih energik dan ramah, sementara mereka yang lebih memilih kucing cenderung lebih tertutup dan sensitif. Penelitian yang sama juga menemukan orang yang memelihara kucing cenderung lebih cerdas.