16 Madridista Tewas ditembak di Irak Jelang Laga Real vs Devortivo

Madridista

Jelang laga pamungkas La Liga antara Real Madrid dan Devortivo La Coruna pada Sabtu 14 Mei 2016, tragedi memilukan dialami oleh para fans Real Madrid. Dikabarkan setidaknya 16 Madridista (fans fanatik Real Madrid) tewas di sebuah kafe bernama Al Furat, Kota Balad, Baghdad, Irak, Jumat (13/5/2016) dini hari waktu setempat. Dirangkum dari Marca dan AS, fans El Real saat itu memang sedang berkumpul. Selain 16 tewas ditembak, 30 orang lainnya luka-luka.

Laporan menyebutkan jumlah korban bisa saja bertambah. Dari berbagai sumber-sumber media lokal menyebutkan, serangan itu dilakukan oleh sekelompok pria dengan senapan mesin. Mereka langsung menembaki orang-orang di kafe yang menjadi basis Madridista di Irak. Sekitar 50 Madridista, termasuk di antaranya dari kalangan milisi, saat itu sedang menikmati kopi dan tayangan laga klasik tim kesayangannya.

Baca:   Chelsea Kalah 3-0, Mourinho: Ini hasil pertandingan palsu

Pimpinan fans Real Madrid di Balad, Ziad Subhan mengatakan, serangan itu dilakukan oleh kelompok ISIS. “Mereka datang ke kafe, dengan AK-47, menembak secara acak pada semua orang yang berada di dalam kafe,” kata Subhan. “Mereka tidak suka sepak bola, mereka pikir itu kegiatan anti-muslim. Ini adalah tragedi mengerikan,” lanjut Subhan.

Para pejabat setempat mengatakan ISIS telah mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dalam sebuah pernyataan. “Sekelompok ISIS menyamar dengan seragam pasukan keamanan, mereka menyerang menggunakan granat dan tembakan,” kata Wakil Gubernur Provinsi, Salaheddin.

Baca:   Iker Casillas mengakui Messi menakutkan baginya

“Mereka melarikan diri ke daerah pertanian di dekatnya. Di antara mereka kemudian meledakkan diri ketika pasukan keamanan dan beberapa warga mengejar mereka,” imbuhnya. Baldawi mengatakan perburuan beberapa penyerang lainnya masih berlangsung. “Ada lima atau enam penyerang. Empat dari mereka meledakkan diri,” ujarnya. Kementerian Luar Negeri Spanyol sendiri mengeluarkan pernyataan, ‘mengutuk serangan teroris yang dilakukan terhadap fans Real Madrid’.

Real Madrid sendiri sudah mengeluarkan pernyataan resmi meratapi kejadian tragis. Klub mengumumkan pemain akan mengenakan pita hitam di lengan, sebagai tanda penghormatan selama pertandingan melawan Deportivo.

Leave your vote

points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Hey there!

Sign in

Forgot password?
Close
of

Processing files…