3 Hal ini yang bikin Indonesia susah maju

Rizal-Ramli

Secara sumber daya alam, Indonesia merupakan negara yang sangat kaya. Tapi, kenapa Indonesia hingga saat ini tidak maju-maju? Lalu, apa yang menyebabkan Indonesia bisa seperti ini? Menteri yang sempat bikin heboh karena berbagai aksi-aksinya, Rizal Ramli, punya 3 alasan kenapa Indonesia tidak maju dan berkembang, yakni karena masalah feodalisme, primordialisme, dan maraknya korupsi.

“Tidak mungkin suatu negara maju kalau masih menganut sistem feodalisme,” kata Rizal dalam kuliah umum bertajuk Langkah Terobosan dan Kebijakan Rizal Ramli Untuk Indonesia di kampus Al Ma’soem, Jatinangor, Sumedang, dikutip dari Pojoksatu.id. Rabu 11 November 2015. Rizal menerangkan satu per satu alasannya. Senerasi penerus bangsa kata dia susah berkembang, lantaran kedua kakinya terbelenggu oleh ruang primordialism.

Baca:   Rizal Ramli Sindir Ahok: Baru Dikepret Lari ke Bosnya (Jokowi)

Ini adalah paham kesukuan yang berlebihan sehingga menghapuskan makna nation yang diyakini menjadi pemersatu bangsa. “Kakinya dibebani oleh pikiran sempit primordialisme, yang mengkotakkan Indonesia oleh suku dan agama.” Selain itu, bagi Rizal Indonesia adalah sebuah negeri kaya yang sumber daya alam. Bahkan tak terhingga nilainya. Ia menceritakan, pada awal Orde baru, Indonesia memiliki hutan yang paling bagus, hijau, dan luas sama dengan Brazil.

Baca:   Ruhut Sitompul: Rizal Ramli Untuk DKI 1 Cuma Lucu-Lucuan Aja Bos!

Karena tak memiliki strategi nilai tambah, akhirnya hutan hilang begitu saja. Nyaris habis dan rakyatnya dapat paling sedikit. “Kita jadi missing oportunity (kehilangan peluang) karena tidak punya strategi sustainability (keberlanjutan),” ujar Rizal. Rizal mengambil contoh soal tamabang emas Freeport di Papua. Indonesia kata Rizal kurang mampu bernegosiasi, sehingga merugikan rakyat Indonesia.

Baca:   Soal Kalijodo, Balon Gubernur DKI: Prostitusi tetap berjalan 1-2 tahun lagi tidak apa-apa

Makannya Rizal berjanji melakukan renegosiasi soal pertambangan PT Freeport. “Kalau Freeport menolak tolong kembalikan kontrak karyanya, tapi saya cukup yakin kalau Freeport bakal mau mengambil renegosiasi itu,” katanya lagi.

loading...