4 Cara sederhana mengatasi hidung tersumbat

cara-mengatasi-flu

Saat musim hujan datang, penyakit pun gampang menyerang tubuh. Salah satunya adalah penyakit flu yang sering menyumbat hidung dan bikin pusing kepala. Ini adalah masalah yang harus segera diatasi karena dapat mengganggu aktivitas.

Hidung tersumbat biasanya disebabkan karena menumpuknya lendir kotor di area hidung. Dilansir dari laman Okezone.com, silahkan ikuti empat langkah berikut bila Anda mengalaminya:

Semprotan air garam
Metode semprotan air garam mungkin menjadi teknik paling banyak digunakan untuk membersihkan hidung tersumbat. Ini adalah metode yang aman dan mudah yang dapat meringankan masalah pernapasan.

Baca:   6 Rasa Sakit Ini Tidak Boleh Anda Abaikan, Segera Periksa ke Dokter

Anda dapat membeli semprotan steril, lalu masukkan air garam hangat ke dalamnya, kemudian semprotkan perlahan-lahan dalam waktu beberapa kali.

Mandi air hangat
Kelembaban adalah salah satu ide terbaik untuk mengobati hidung tersumbat. Mandi dengan air hangat adalah cara termudah untuk mengatasi masalah menyebalkan ini. Selama mandi, coba hirup uap dari air hangat yang telah dimasukkan ke baskom, hingga membuat napas lega.

Baca:   Tak Tega, Orang Tua Ini Biarkan Anak Meninggal Kelaparan 9 Hari

Kompres hangat
Menggunakan kompres hangat juga dapat mengatasi hidung tersumbat. Celupkan kain lap dalam air hangat dan letakkan di hidung Anda, sampai membuat napas lega dan tidak terhambat.

Minum teh hangat
Ini adalah obat rumah yang paling banyak ditiru orang saat hidung tersumbat. Ya, teh hangat kaya flavonoid yang bertindak sebagai agen anti-inflamasi. Kalau perlu, tambahkan sedikit merica agar memperkuat efeknya. Selamat mencoba!