4 Hal Terlarang Yang Tidak Boleh dilakukan Saat Gunakan Wi Fi Umum

bahaya wi fi

Jaringan wi-fi publik yang terdapat di banyak tempat umum, seperti kedai kopi, bandara, dan hotel mungkin adalah incaran semua orang. Namun, hampir semuanya tidak aman seperti yang Anda pikir selama ini, bahkan jika Anda memasukkan kata kunci tertentu.

Dilansir dari liputan6.com, Kamis (4/8/2016), dengan menggunakan jaringan wi-fi publik, Anda berbagi jaringan dengan semua orang asing yang terhubung di jaringan yang sama. Perhatikan beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan saat menggunakan jaringan wi-fi publik.

Baca:   Nenek Ini Masih Muncul di Google Street View Padahal Sudah Meninggal, Coba Deh Lihat

1. Jangan memeriksa e-mail atau rekening bank
Anda mungkin tidak pernah berpikir bahwa memeriksa informasi keuangan ketika Anda berada di tempat umum bukanlah ide yang baik. Sama halnya dengan e-mail.
Akun e-mail dapat digunakan untuk me-reset semua layanan yang Anda gunakan saat ini. Mudah bagi hacker untuk mengetahui semua identitas Anda.

Baca:   Stop 4 Kebiasaan Charge Smartphone Seperti Ini

2. Hindari kebocoran data
Saat berada di rumah, sangat memungkinkan bagi Anda untuk berbagi file atau mengatur komputer mana saja yang terhubung pada jaringan Anda. Sedangkan saat berada di luar, Anda sangat disarankan untuk mematikan fitur ini pada pengaturan untuk mencegah orang lain melihat isi data Anda.

3. Berhati-hati untuk laman yang tidak aman
Koneksi internet bertukar banyak informasi melalui jaringan, yang berarti seseorang dengan kemampuan luar biasa dapat masuk ke dalam bisnis Anda.

Baca:   64 Detik, 30 Ribu OnePlus 2 Habis Terjual

4. Hindari menggunakan aplikasi tertentu
Ketika menggunakan wi-fi publik, lebih baik Anda masuk ke dalam browser resmi pada komputer, ketimbang menggunakan aplikasi di ponsel Anda. Mengapa? Web browser telah melalui audit keamanan yang ketat untuk e-commerce dan transaksi sensitif lainnya, sedangkan tidak untuk aplikasi pada ponsel Anda.

loading...