4 Penampakan ‘malaikat’ di dunia yang pernah bikin heboh

Malaikat dan manusia adalah makhluk ciptaan tuhan yang punya dunia yang berbeda. Malaikat sendiri sering disebut sebagai makhluk baik yang sering menolong manusia. Malaikat adalah makhluk Tuhan yang berlawanan dengan iblis atau setan atau sisi jelek dari sifat manusia. Karena wujudnya yang tidak bisa dilihat dengan mata manusia biasa, maka malaikat selama ini lebih dipercaya lewat keimanan. Sesuatu yang tak bisa diraba, dilihat, diendus dengan semua panca indera, tapi diyakini keberadaannya, begitulah malaikat bagi manusia.

Namun ada kalanya, sebagian orang percaya sesungguhnya malaikat pernah menampakkan diri di alam manusia. Mereka bisa berbentuk apa saja, terkadang menyerupai sosok manusia atau yang lainnya. Bagi orang yang percaya, bahkan malaikat menurut mereka bisa juga tertangkap oleh kamera. Dilansir Merdeka.com, berikut lima sosok penampakan ‘malaikat’ di dunia nyata yang berhasil tertangkap kamera yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

1. Penampakan malaikat di langit Meksiko

penampakan-malaikat-di-langit-meksiko
Pada 27 November 2007 lelaki bernama Pedro Avila merekam gambar di langit Meksiko lantaran dia terkesima dengan sebuah pemandangan aneh. Ada empat obyek seperti berjalan teratur di angkasa. Hingga kini belum diketahui apa obyek itu namun masyarakat percaya itu malaikat. Keempatnya mempunyai gerakan berbeda dengan gerakan benda melayang lain. Dalam rekaman diunggah ke situs berbagi video Youtube ada perbandingan antara benda itu dengan balon. Jika balon bergerak vertikal, maka obyek ini bergerak secara horizontal.

2. Malaikat Jibril muncul di Mesir

Ulama-Ikhwanul-Muslimin-Ahmad-Abdul-Hadi
Para pengunjuk rasa pendukung Presiden Mesir Muhammad Mursi yang telah dikudeta militer dua pekan lalu mengaku melihat Malaikat Jibril di lapangan masjid Rabiah Al Adawiyah. Stasiun televisi Al Arabiya melaporkan, Ahad (14/7/2013), dalam ceramah dukungannya kepada Mursi pekan lalu, ulama Ikhwanul Muslimin Ahmad Abdul Hadi mengatakan Malaikat Jibril terlihat di tengah kerumunan para pengunjuk rasa.

“Beberapa orang saleh di Arab Saudi mengatakan kepada saya mereka mempunyai penglihatan Malaikat Jibril memasuki masjid Rabiah Al Adawiyah untuk membuat orang-orang yang tengah salat terdiam beku dalam posisi salatnya.” Dia menambahkan ada penglihatan yang menyatakan terjadi pertemuan yang dihadiri Nabi Muhammad, Mursi dan sejumlah tokoh lain. Dalam penglihatan itu ketika waktu salat tiba, orang-orang meminta Nabi menjadi imam, namun Nabi malah meminta Mursi menjadi imam.

Abdul Hadi juga mengatakan seorang saleh memiliki penglihatan lain yang menyebutkan ada 50 unta, para pemuda dan anak-anak di sebuah gurun. “Ketika unta-unta, para pemuda, dan anak-anak itu kehausan di tengah mereka memohon pertolongan kepada Allah. Tidak lama kemudian bumi terbelah dan ada sungai mengalir. Ketika rombongan itu tengah minum mereka mendengar suara yang berkata: “Jagalah unta milik Presiden Muhammad Mursi.”

Tak hanya Abdul Hadi yang menyatakan dukungan kepada Mursi. Ulama Mesir Mosaad Anwar bahkan membandingkan sosok Mursi dengan Nabi Yusuf. Dia mengatakan Mursi memiliki kesamaan dengan Nabi Yusuf karena kedua menjadi pemimpin setelah rakyat mengalami penderitaan bertahun-tahun.

Shawki Abdul Latif, perwakilan dari Kementerian di pemerintahan mengatakan penglihatan semacam itu hanya kebohongan untuk membenarkan langkah politik berdasarkan agama. “Pernyataan semacam itu hanya upaya untuk mengeksploitasi agama bagi kepentingan politik dan untuk memberi legitimasi kepada Mursi,” kata dia.

3. Malaikat tertangkap kamera sedang mendoakan korban kecelakaan

Sosok-Malaikat-mendoakan-korban-kecelakaan
Kecelakaan mobil di Abbeville, Negara Bagian South Carolina, Amerika Serikat menjadi perbincangan netizen. Foto yang diambil seorang pastur sesaat setelah kecelakaan memperlihatkan sosok malaikat mendoakan korban. Pastur Michael Clary mengaku menjadi saksi mata kecelakaan itu, yang terjadi karena mobil korban mengalami selip lalu menghantam bahu jalan.

Dia bergegas menolong lelaki yang menjadi korban. Kondisi si pengemudi sangat parah, dengan luka di sana-sini setelah mobilnya menabrak pohon dalam kecelakaan tunggal di jalan tol itu. Sesaat setelah mendoakan korban dan menunggu datangnya polisi, Pastur Clary mengambil foto TKP. Sesampainya di gereja, dia baru sadar ada sosok mirip malaikat yang berdoa di dekat korban. Sosok ‘malaikat’ itu nyaris transparan, dalam posisi berlutut di udara dekat pepohonan.
Beberapa jam setelah kejadian, polisi mengabarkan bahwa korban hanya mengalami patah kaki, tanpa luka dalam serius. “Saya berdoa agar korban selamat. Puji Tuhan, doa saya dikabulkan, dengan malaikat ikut menjaga pria itu,” kata Pastur Clary seperti dilaporkan the Daily Mail, Senin (14/12/2015). Keluarga korban meyakini foto Pastur Clary memang secara ajaib merekam sosok malaikat. “Keluarga kami meyakini adanya malaikat. Terbukti, sepupu saya itu sekarang selamat dan sedang dalam masa pemulihan,” kata kerabat korban, Lynn Wooten.

Ketika foto sang pastur diunggah oleh situs Fox Carolina, banyak netizen yang merasa melihat mukjizat. Namun, ada juga yang skeptis. “Alasan orang itu selamat adalah kecepatan respon 911, tim medis, dan polisi. Seharusnya mereka yang kita beri ucapan terima kasih,” tulis salah satu netizen.

4. Malaikat menampakkan diri di Florida

Pareidolia
Sebuah gambar awan yang menyerupai sosok yang mengambil gerakan untuk terbang ke langit nampak di langit Florida. Seorang pengguna Google+ bernama Angela Maniadakis mengunggah satu gambar yang cukup unik. Dalam gambar yang kemungkinan diambil dengan menggunakan kamera mobile tersebut menunjukkan sebuah awan yang mirip sesuatu.

Apabila sekilas memang tidak ada hal yang aneh dalam gambar tersebut, namun apabila diamati, maka gambar awan tersebut mirip sosok seseorang yang sedang terbang. Angela menyebut gambarnya tersebut dengan nama angel shaped cloud. Sebenarnya, gambar atau foto ini sudah lama beredar di internet atau sekitar bulan Maret 2013 lalu, namun pembahasan kali ini bukan ke foto tersebut melainkan ke sisi psikologis yang menyebabkan manusia memiliki persepsi khusus dalam melihat satu obyek.

Sampai saat ini, memang banyak sekali hal serupa seperti gambar yang diunggah Angela tersebut. Menurut penjelasan di Wikipedia, kemampuan manusia untuk mengidentifikasi sebuah obyek abstrak menjadi obyek yang dimengerti disebut dengan pareidolia. Tidak hanya gambar atau obyek saja, fenomena psikologis pareidolia juga berlaku untuk suara atau bunyi-bunyian. Kata pareidolia berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu para (samping, dengan, bersama) dan eidolon (gambar, bentuk).

Apabila disangkutpautkan dengan masalah kepercayaan dan agama, sampai sekarang sudah tidak terhitung berapa obyek pareidolia yang pernah dibuat manusia dan diunggah ke internet. Bahkan beberapa di antaranya membuat heboh walaupun ujung-ujungnya hanyalah hoax belaka. Contohnya adalah seperti awan berbentuk kepala Petruk pada saat meletusnya merapi di tahun 2012 lalu atau juga pernah ada lelang roti panggang yang hasil panggangannya tersebut mencetak wajah mirip Bunda Maria di eBay, serta banyak lagi lainnya.

Tidak hanya dalam hal kepercayaan dan agama saja, fenomena pareidolia ini juga terjadi di banyak hal contohnya saja yang paling baru adalah pengidentifikasian seekor tikus di Mars. Dalam penjelasan secara psikologis, fenomena pareidolia yang sering muncul adalah pengidentifikasian obyek wajah kemudian nomor dua adalah sosok fisik manusia baru obyek-obyek lainnya.

Dalam penjelasan di ncbi.nlm.nih.gov, setiap manusia memiliki sisi pareidolia, namun tingkatan dan sensitivitas untuk mempersepsikan suatu obyek manusia satu dengan manusia lain berbeda-beda.

Selain itu, sisi pareidolia pada manusia sudah terbentuk sejak bayi dan hal tersebut disebut juga dengan proses otomatis di bawah sadar. Menurut sebuah penelitian (Riekki et. al. 2012 yang sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal dengan judul Paranormal and Religious Believers Are More Prone to Illusory Face Perception than Skeptics and Non-believers Applied Cognitive Psychology) menyebutkan bahwa orang-orang beragama dan yang percaya pada dunia mistis serta paranormal lebih mudah mempercayai suatu obyek dari sudut pandang pareidolia.

Sedangkan orang-orang yang memiliki sisi skeptis lebih besar cenderung suka menolak anggapan bahwa obyek yang dimaksud memang memiliki bentuk menyerupai sesuatu.

loading...