5 Berita Hoax Yang Sudah Menipu Kamu Habis-Habisan

anak tidur di makam orang tuanya

Sudah banyak orang yang menjadi korban berita hoax di dunia maya. Bahkan mungkin berita yang kamu anggap benar, bisa jadi itu adalah berita hoax. Seperti diketahui bahwa setiap hari banyak sekali informasi-informasi yang tidak jelas asal usul dan sumbernya beredar di jejaring sosial dan menyesatkan banyak orang. Menurut informasi yang di publikasikan oleh Indonesia Hoax, ada ribuan berita hoax yang beredar saat ini, dan sebagai contoh berikut lima berita hoax tersebut.

1. Memasak Telur Menggunakan Ponsel
Bagi kamu yang sering mondar-mandir ke facebook, pasti sudah tidak asing dengan berita memasak popcorn atau telur dengan ponsel. Berita ini sangat cepat tersebar di dunia maya melalui jejaring sosial. Dan mungkin kamu adalah salah satu orang yang pernah membaca atau bahkan mencoba mempraktekannya. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata berita tersebut adalah hoax? Menurut informasi yang dilansir dari Vemale.com, tidak pernah ada radiasi ponsel mampu membuat telur jadi matang.

Baca:   Pacaran Lewat FB, Mahasiswi Asal Bali Kirim Foto Bugil dan Uang Rp 40 Juta

2. Like
Kamu pasting sering melihat status untuk mengetik angak tertetu dan kemudia like. Sebenarnya tidak akan ada perubahan, meskipun kamu ketik angka-angka tersebut hingga ratusan kali, karena semua hanya cara untuk meningkatkan like fan page tertentu. Contoh dibawah ini.

Contoh Klaim 1 :

Pertama klik “Like” atau “Suka”
Ketik “5” dan lihat apa yang terjadi!

Contoh Klaim 2 :

Ketik ‘Merah’ dalam komentar dan lihat ada perubahan apa!

Contoh Klaim 3 :

Perhatikan urutan Angka ini,
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15
Jika Anda tidak dapat menemukan kesalahan atas,
Klik “Share” atau “Bagikan” untuk melihat jawabannya!

Baca:   Hebat! Dua siswa Toba Samosir ke NASA mengikuti seleksi akhir keluar angkasa

Contoh Klaim 4 :

Klik “Like”, dan lihat dalam 3 detik apa yang akan terjadi!

Contoh Klaim 5 :

Lihatlah gambar lingkaran ini selama 5 detik.
Sekarang klik pada “Share” atau “Bagikan” dan lihat apa yang terjadi!

Indonesian Hoaxes mengklaim ini adalah scam atau hoax. Apa yang terjadi saat Anda melakukan perintah tersebut? Tidak ada. Trik kotor ini hanya dipakai demi meningkatkan LIKE sebuah page saja.

3. Anak yatim tidur di antara kuburan orang tuanya
Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang men-share sebuah foto anak kecil yang tidur diantara makam kedua orang tuanya. Nyatanya, foto tersebut adalah hoax karena foto tersebut adalah hasil karya seorang fotografer bernama Abdul Aziz al Otaibi untuk keperluan seni. Anak yang disebut tidur diantara makam orang tuanya adalah keponakan sang fotografer sendiri yang diminta menjadi modelnya.

Baca:   Resmi dibeli Facebook, Gaji Pendiri Whatsapp Hanya Rp 12.000/Tahun

4. Video Singa Mengalami Sakaratul Maut
Hoax selanjutnya adalah video singa sedang menghadapi aja diunggah ke Facebook dan juga berbagai media lainnya. Namun tahukah kamu bahwa video singat tersebut adalah hoax karena video tersebut sudah pernah tanyang di salah satu program NetGeo. Video tersebut adalah video singa yang terserang wabah distemper pada tahun 1994.

5. Waspada lintah di dalam kangkung
Kamu pasti sudah sering mendengar mengenai adanya lintah dalam kangkung. Bukan hanya beredar di Facebook tapi juga diberbagai media lainnya seperti BBM. Semua itu tidak benar, karena kangkung adalah sayuran hijau yang sehat dan jika dimasak dengan benar tidak akan membawa telur lintah atau lintah itu sendiri.

loading...

Add Comment