5 Cara ampuh tidur berkualitas di kantor tanpa mengganggu pekerjaan

tidur dikantor

Makin siang para pekerja kantoran akan semakin tertantang untuk melakukan pekerjaan. Hal itu, karena di waktu-waktu tersebut rasa ngantuk akan datang mendera dan jika dibiarkan akan mempengaruhi produktivitas kerja. Untuk mengatasi rasa ngantuk tersebut, tak lain dan tak bukan adalah dengan tidur siang sejenak. Walaupun tidur siang hampir mustahil dilakukan atau mungkin hanya sebentar, tetapi memiliki manfaat yang besar untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Seperti dilansir dari Liputan6.com pada Sabtu (5/3/2016), berikut beberapa cara ampuh agar Anda tetap bisa mendapatkan kualitas tidur siang yang baik sehingga berpengaruh dalam meningkatkan produktivitas kerja Anda.

1. Atur alarm sekitar 20 menit
Menurut penuturan pakar kesehatan dan pendiri Charlottesville Neurology and Sleep Medicine di Virginia , W. Christopher Winter, mengatakan bahwa 20-25 menit merupakan rentang waktu yang sempurna untuk tidur siang bagi banyak orang pada umumnya. Mungkin bagi Anda waktu tersebut cukup singkat, tetapi memiliki dampak yang besar. Dengan tidur siang, pikiran dan tubuh Anda kembali segar untuk beraktivitas.

Baca:   Keren! Meskipun Tidak dicuci Seminggu, Pakaian Ini Tidak Akan Bau, Ini Rahasianya

2. Jadwalkan tidur siang Anda sejak pagi hari
Menjadwalkan waktu tidur siang bukanlah hal yang sepele karena memiliki dampak besar bagi tubuh dan pikiran Anda. Waktu yang paling baik untuk menyusun jadwal tersebut adalah pada pagi hari karena Anda lebih bisa memutuskan kapan akan tidur siang.

3. Matikan lampu, cari ruangan gelap, atau gunakan penutup mata
Ketika Anda berada di kantor, carilah sebuah ruangan gelap atau gunakan penutup mata untuk membantu tidur siang yang lebih berkualitas. Gangguan cahaya baik dari lampu dan matahari tak akan memaksimalkan tidur siang Anda.

Baca:   Remaja Menganggap "Sexting" Sebagai Hal Wajar

4. Kecilkan suara riuh di sekitar Anda
Selain cahaya lampu dan matahari, suara riuh di sekitar Anda merupakan salah satu tantangan untuk tidur siang. Carilah tempat yang cukup tenang untuk tidur siang jika ingin bangun dengan segar dan efektik meningkatkan produktivitas. Namun, jika kesulitan mencari tempat tenang, Anda bisa menggunakan penutup telinga yang memiliki bahan lembut.

5. Pasang aroma terapi
Dalam sebuah studi motorik pada tahun 2012, aroma terapi, seperti lavender akan meningkatkan kualitas tidur. Gunakan beberapa aroma terapi yang memiliki bau tak terlalu menyengat untuk menemani tidur siang Anda.