5 Cara jitu mengatasi infeksi jamur pada Miss V

Infeksi-jamur-vagina

Salah satu masalah yang sering dialami wanita adalah infeksi vagina yang di sebabkan oleh jamur albicans. Infeksi vagina akan bekembang jika ada ketidak seimbangan antara ragi dan bakteri yang ada pada vagina. Infeksi jamur akan semakin berkembang jika sistem kekebalan tubuh berkurang, tingkat estrogen yang tinggi, merokok, dan terlalu sering menggunakan celana ketat. Gejala yang muncul saat terjadi infeksi vagina antara lain rasa gatal, ada sensasi seperti terbakar pada area vagina, muncul rasa sakit, atau bahkan nyeri saat berhubungan seksual.

Namun tidak perlu risau karena untuk mengatasi infeksi vagina, cukup dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di dapur Anda. Melansir dari Merdeka.com, berikut ini lima cara alami mengatasi jamur vagina. Selengkapnya bisa Anda simak dibawah ini.

1. Yogurt tanpa rasa
Tak hanya baik untuk pencernaan Anda, yogurt alami (tanpa rasa) adalah salah satu cara alami untuk membasmi infeksi jamur. Karena infeksi jamur disebabkan oleh ketidakseimbangan antara ragi dan bakteri, maka yogurt dalam hal ini berperan untuk membantu menyeimbangkannya kembali. Caranya, oleskan yogurt tanpa rasa pada area yang terinfeksi dan biarkan setidaknya selama dua jam. Setelah itu bilas hingga bersih. Cara ini membantu Anda mengurangi rasa gatal karena infeksi.

Baca:   7 Fakta Menarik Soal Libido Wanita Yang Pasti Bikin Anda Melongok, Simak Deh!

2. Bawang putih
Bawang putih memiliki sifat anti jamur pada tubuh termasuk pada vagina. Mengonsumsi bawang putih mentah dapat membantu mempercepat kesembuhan infeksi jamur vagina yang Anda alami. Tak hanya untuk dikonsumsi, bawang putih dapat Anda gunakan sebagai salep untuk meringankan rasa gatal, terutama pada area labia (bibir vagina). Caranya, haluskan bawang putih hingga menyerupai pasta dan oleskan pada area yang terinfeksi (hanya pada area labia). Ramuan ini cukup efektif untuk mengatasi rasa gatal yang tak tertahankan.

Baca:   5 Makanan Yang Dapat Mengurangi Kualitas Sperma

3. Cuka
Membersihkan vagina dengan sabun adalah hal yang tak disarankan. Cara ini dapat menyakiti vagina Anda. Jika Anda ingin membersihkan vagina, pilihlah cuka untuk menggantikan sabun. Membersihkan vagina dengan menggunakan air cuka juga membantu mengurangi rasa gatal yang muncul karena infeksi. Metode lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan mencampurkan cuka apel atau cuka putih biasa dengan air. Basuhkan pada area yang terinfeksi dan biarkan setidaknya selama satu jam. Setelah itu bilas dengan air dengan air biasa hingga bersih.

4. Minyak kelapa dan air hangat
Minyak kelapa memiliki efek yang serupa dengan bawang putih, yaitu sebagai anti jamur. Untuk mengatasi infeksi, Anda bisa mengoleskannya tiga kali sehari pada area infeksi. Jika gatal yang disebabkan oleh infeksi sudah tak tertahankan, sebaiknya Anda gunakan air hangat untuk mengatasinya. Jangan sekalipun mencoba untuk menggaruknya, karena ini hany akan memperburuk gejala infeksi. Daripada menggaruknya, sebaiknya Anda berendam (terutama bagian vagina) dengan air hangat. Cara ini cukup ampuh mengatasi ketidaknyamanan yang Anda rasakan akibat infeksi.

Baca:   Cara Memberi Pertolongan Pertama Jika Bayi Demam

5. Tea tree oil dan celana dalam kering
Ragi akan tumbuh subur pada area yang lembap dan hangat. Oleh karena itu, pastikan celana dalam yang Anda gunakan kering dan memudahkan vagina Anda bernapas, seperti celana dalam dari katun. Jika memungkinkan, pastikan untuk menjemur mereka di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering sebelum Anda menggunakannya. Tea tree oil, merupakan salah satu bahan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi infeksi. Caranya, campurkan tea tree oil dalam air dan gunakan dua kali sehari. Tea tree oil cukup efektif untuk membasmi jamur yang menjadi penyebab infeksi.

loading...