5 Cara pintar hindari pelecehan seksual di tempat kerja

pelecehan-seksual

Pelecehan seksual bisa terjadi dimana saja. Bahkan di tempat kerja sekalipun yang dianggap sebagai tempatnya orang-orang berpendidikan dan mengerti tata krama. Wanita menjadi orang yang paling sering dirguikan dari tindakan para pria yang tidak kuat menahan nafsu seksnya. Akibatnya, ditempat kerja pun, pria sering kali lupa akan tata krama dan juga rasa malu yang mungkin bisa mereka terima jika ketahuan melakukan pelecehan seksual.

Dilansir Pojoksatu.id, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari terjadinya pelecehan seksual di tempat kerja Anda. Meskipun tips ini tidak benar-benar bisa menjamin Anda bebas dari pelecehan seksual, namun setidaknya 5 hal dibawah ini bisa meminimalisir terjdadinya pelecehan seksual yang tentu saja merugikan Anda sendiri.

Baca:   Heboh! Pengakuan seorang istri hampir bunuh diri karena dipoligami

1. Bersikap wajar
Jangan terlalu menonjol dan bersikaplah wajar dalam bertingkah laku. Jaga sikap saat bergaul dengan lawan jenis Anda di tempat kerja atau lingkungan Anda. Jika Anda tak mampu menjaga sikap, maka dengan mudah teman sepekerjaan Anda akan memberikan Anda nilai negatif dan membuat pelecehan seksual mungkin terjadi.

2. Jangan diam
Saat merasa Anda diperlakukan tidak selayaknya, maka jangan hanya diam saat menghadapi perlakukan tak pantas dari rekan sekerja Anda. Biarkan mereka mengerti dan paham bahwa Anda tak menyukai pembahasan seksual meskipun itu hanya sebuah lelucon.

Baca:   7 Tipe payudara di seluruh dunia, mana tipe Anda?

3. Jangan mentoleransi kontak fisik
Jangan biarkan teman sepekerja Anda melakukan kontak fisik yang tidak Anda inginkan. Misalnya, rekan Anda menaruh tangannya di bahu Anda atau sekedar merangkul punggung Anda. Hal ini memang biasa, namun jika Anda tidak nyaman dengan hal ini. Sebaiknya Anda meminta kepada rekan Anda untuk berhenti melakukan hal itu.

4. Hindari percakapan vulgar
Lelucon vulgar di tempat kerja memang sangat biasa. Namun, setiap humor pasti ada batasannya. Sebaiknya, hindari percakapan-percakapan yang menjurus pada hal-hal semacam ini. Namun, hal ini bisa saja jika Anda tidak keberatan dengan lelucon semacam ini.

Baca:   5 Orang Paling Kaya Yang diperbudak Nafsu Dunia

5. Mengkritik langsung
Sebaiknya Anda bicarakan keberatan Anda jika ada rekan kerja Anda yang membuat Anda tidak nyaman dengan sikap atau guyonan vulgarnya. Beri pengertian pada rekan Anda bahwa Anda memiliki batasan-batasan yang harus dihargai oleh rekan Anda. Ini akan membuat Anda terhindar dari perlakuan tidak pantas dari mereka.

loading...