5 Cara terbebas dari jeratan kartu kredit

bahaya-kartu-kredit

Banyak manfaat yang bida kita dapatkan dari kartu kredit, terutama dalam hal belanja, karena banyak promo-promo khusus hanya bisa kita dapatkan jika menggunakan kartu kredit. Tapi, Anda harus hati-hati, jangan sampai Anda kebablasan. Jangan sampai Anda justru terlilit utang besar karena tidak sanggup bayar cicilan. Jika saat ini Anda sudah terlanjur ketergantungan pada kartu kredit, bukan berarti tidak bisa insyaf dan berhenti menggunakannya.

Berikut ini cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan memakai kartu kredit seperti dilansir dari laman cheatsheet.net

1. Batasi penggunaan dalam berbelanja
Idealnya, batas penggunaan kartu kredit yang maksimal adalah tiga kali gaji. Apabila lebih dari hal tersebut, maka dipastikan kita akan gali lubang tutup lubang untuk membayar tagihannya. Jadi membatasi dengan tiga kali gaji itu merupakan batas maksimal yang bisa kita bayar setiap bulannya.

Baca:   5 Rahasia Menjual Rumah Agar Cepat Laku dan Menguntungkan

2. Jangan gunakan kartu kredit lebih dari satu
Apabila memungkinkan, hindari penggunaan kartu kredit lebih dari dua, karena Anda akan merasa kesulitan untuk membayarnya ketika jatuh tempo dengan tanggal yang berbeda. Anda akan merasa bahwa gaji yang diterima selalu habis untuk membayar tagihan kartu kredit tanpa ada simpanan tabungan atau investasi.

Baca:   Produk tak laku, dua perusahaan raksasa asal Jepang tutup di Indonesia

3. Selalu sedia uang cash
Dengan mempunyai ekstra uang tunai di dalam dompet, Anda tidak harus menggesek kartu kredit yang nantinya malah akan menimbulkan hutang baru. Menggunakan uang tunai dapat menjadikan Anda lebih selektif lagi dalam berbelanja. Belilah kebutuhan yang sekiranya memang Anda perlukan saat itu tanpa tergoda dengan cicilan 0 persen atau hadiah-hadiah menarik lainnya.

4. Buat anggaran biaya
Sebelum belanja untuk keperluan sehari-hari, buatlah anggaran belanja sehingga dapat meredam keinginan untuk membeli barang yang sebenarnya tidak terlalu kita butuhkan. Anggaran biaya ini termasuk hal yang penting untuk dilakukan karena akan membuat kita menghitung kembali uang yang masih tersisa.

Baca:   10 Miliarder China Yang Masuk Daftar Orang Terkaya Versi Forbes

5. Tidak mudah tergoda promo kartu kredit
Jika belum punya kartu kredit, sebaiknya jangan coba-coba untuk memilikinya. Jika Anda yakin Anda bisa mengendalikan diri dan tidak mudah tergoda untuk tidak belanja, silahkan Anda buat kartu kredit, tapi cukup satu saja untuk jaga-jaga jika ada keperluan mendadak. Jika sudah punya kartu kredit, jangan mudah tergoda oleh promo-promo ‘menyesatkan’ untuk membuat kartu kredit baru.

loading...