5 Hal Tentang Ramadhan Yang Mesti Kamu Ketahui

makanan berbuka puasa

Saat ini umat islam di seluruh dunia sedang menjalankan ibadah puasa. Nah, mengenai bulan puasa atau ramadhan, ada banyak hal yang terjadi, seperti penjual makanan musiman yang hanya terjadi pada saat bulan ramadhan. Nah, selain makanan takjil, ada banyak hal lain tentang ramadahan yang perlu kamu ketahui, dikutip dari Vemale.com, Sabtu 20 Juni 2015. Selngkapnya bisa kamu simak dibawah ini. Baca juga [Saat Bulan Puasa, Suhu di Arab Saudi Bica Capai 65 Derajat Celcius]

1. Datangnya Ramadan selalu berubah-ubah setiap tahun
Bulan Ramadan tidak mengikuti siklus kalender masehi tiap tahunnya. islam memiliki kalender sendiri dalam penghitungan hari, termasuk untuk menentukan datangnya Ramadan. Dan biasanya, bulan ramadan datang sebelas hari lebih awal dari tahun lalu. Itulah mengapa setiap tahun ramadan selalu datang di waktu berbeda, dan dimulai saat sudah terlihat bulan pertama.

2. Puasa adalah salah satu rukun Islam
Islam memiliki 5 pilar yang disebut Rukun Islam, dan puasa merupakan salah satu dalam pilar tersebut, tepatnya adalah rukun Islam ke-4. Puasa bertujuan untuk menumbuhkan disiplin diri dan mengarahkan hati jauh dari pikiran negatif. Bukan hanya itu, puasa juga merupakan cara untuk membersihkan jiwa dari prasangka buruk, mendekatkan diri ke Allah. Menjadi sarana untuk memperbaiki diri dan belajar lebih lapang dada, ikhlas dan memaafkan kesalahan.

Baca:   Didesak Pacar, Wanita Cantik Ini Bunuh Diri

3. Puasa Bukan hanya menahan haus dan lapar
Selain menahan haus dan lapar, puasa juga termasuk menghindari merokok, hubungan suami istri dan berbagai perbuatan tercela lainnya. Puasa diartikan sebagai menahan diri, termasuk menahan diri dari melakukan perbuatan tidak baik. Secara batin, juga harus menahan amarah dan pikiran buruk tentang seseorang dan pikiran kotor. Itulah mengapa, nggosip atau membicarakan orang juga dilarang saat puasa Ramadan, karena itu adalah perbuatan yang tidak baik.

4. Selama Ramadan dilakukan sholat tarawih
Puasa sendiri merupakan ibadah, namun tidak kalah pentingnya adalah berdoa. Berdoa adalah salah satu kegiatan ibadah utama yang ditekankan saat Ramadan. Itulah mengapa, saat Ramadan, umat muslim mendapat tambahan ibadah berupa sholat tarawih. Sholat tarawih dilakukan secara berjamaah di masjid dan dilakukan setelah sholat isya selama sebulan penuh bulan Ramadan.

Baca:   7 Selebriti Dunia Yang Kecanduan Hal-Hal Mengejutkan

5. Tidak semua umat muslim diharuskan puasa
Ada beberapa orang yang tidak diharuskan puasa seperti misalnya orang tua yang sudah tidak mampu berpuasa dan orang yang sedang sakit. Orang yang sedang menjalani perjalanan jauh, wanita hamil, dan menyusui juga diperbolehkan tidak puasa, namun dengan catatan harus membayarnya di lain waktu. Anak-anak yang belum mencapai pubertas juga masih diperbolehkan tidak puasa tanpa harus membayar hutang puasa.

Wanita yang menstruasi tidak boleh puasa, karena sedang dalam keadaan kotor, tapi harus membayarnya dengan puasa di lain waktu. Baca juga [Jalani Puasa Pertama Setelah Jadi Mualaf, Kakak Jessica Iskandar Mengaku Tak Lapar]