5 Hal Terlarang dilakukan Saat Hari Raya Idul Fitri

belanja

Bulan puasa telah usia dan kini hari raya Idul Fitri telah datang. Umat Islam pun bergembira akan datangnya Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijirah. Beberapa persiapan telah dilakukan untuk menyambut datangnya hari raya Idul Fitri 1437 H. Agar kembali ke fitrah dan suci seperti bayi baru lahir, Rasulullah melarang kaum muslimin melakukan beberapa hal di hari raya seperti dikutip dari buku Meneladani Rasulullah dalam Berpuasa dan Berhari Raya, karya Syaikh Ali bin Hasan bin Ali al Halabi dan Syaikh Salim bin Ied al Hilali.

Dikutip dari Merdeka.com, berikut ini 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat hari raya Idul Fitri 1437 H. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

Baca:   Sungguh Mengejutkan, Siswi 14 Tahun Mengaku Telah Menjadi Petualang Cinta

1. Bersalaman dengan wanita bukan muhrim
Bersentuhan dengan wanita yang bukan mahramnya jelas dilarang dalam Islam. Kendati pada saat hari raya sekali pun, seperti bersalaman antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahram dilarang karena haram hukumnya.

2. Berpakaian menyerupai orang kafir
Rasulullah bersabda, “Barangsiapa menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk dari golongan mereka”. Maksudnya pada hari raya dilarang berpakaian seperti orang-orang kafir. Seperti memperlihatkan aurat, dan yang berpakaian yang mengundang nafsu lawan jenis. Saat Hari Raya Idul Fitri sebaiknya memakai pakaian yang bersih, menutupi aurat dan sopan.

3. Berfoya-foya pada saat Lebaran
Allah SWT berfirman, “Tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan”. (QS Al Anam: 141). Pada momen Lebaran jangan digunakan untuk berlebih-lebihan. Baik itu ketika makan atau pun belanja lainnya. Idul Fitri sebaiknya digunakan untuk mengucap syukur atas berkah Allah bahwa masih bisa dipertemukan dengan hari suci tersebut.

Baca:   5 Supermodel Transgender Paling Sukses di Dunia

4. Berbondong-bondong ke kuburan
Ada beberapa orang yang memilih meninggalkan salat Ied demi ziarah ke kuburan. Hal itu tentu tidak diperkenankan dalam Islam. Pengkhususan ziarah kubur hanya dilakukan pada hari raya Ied sama adalah bidah.

5. Berhias diri dengan mencukur jenggot
Rasulullah SAW menganjurkan pria muslim untuk memelihara jenggot. Jadi bagi pria yang berjenggot hendaknya tidak mencukur saat Hari Raya Idul Fitri.