5 Hal Yang Membuat Cat Motor Jadi Pudar

cat-motor-pudar

Saat dibeli pertama kali, cat motor begitu kinclong dan juga bercahaya. Namun, lama-kelamaan seiring berjalannya waktu dan juga sering kena hujan, cahaya matahari dan juga debu, maka cat motor akan mulai kusam. Selain karena cuaca, ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan cat motor terlihat kusam. Dilansir dari Merdeka.com, berikut ini beberapa hal yang bisa membuat cat motor cepat kusam.

1. Terik matahari
Penyebab utama paling sering dialami adalah berada terlalu lama di bawah terik matahari. Hal ini dapat menyebabkan cat motor menjadi kusam dan pudar. Biasanya, terjadi pada saat parkir. Nah, sebaiknya kamu memarkir kendaraan di tempat yang teduh atau di dalam ruangan. Panas terik matahari yang bercampur debu dan terkena angin dapat merusak lapisan pelindung cat yang menyebabkan menjadi kusam.

Baca:   Tidak Mau Kehilangan Motor Ketiga Kalinya, Pria Ini Parkir Motor Diatas Balkon

2. Air hujan
Air hujan juga dapat membuat cat menjadi pudar dan kusam. Terutama di kawasan perkotaan yang memang polusi udara membuat kondisi air hujan menjadi makin asam. Tak hanya itu, jika terkena hujan dengan intensitas yang relatif tinggi maka akan mempercepat proses korosi pada logam, seperti pada mesin dan sasis. Jika kamu sering mengajak motor kamu bermandikan air hujan di jalanan, usahakan segera membersihkan dengan cara membilas agar warna cat lebih awet terjaga.

3. Penggunaan zat kimia
Yang harus diingat adalah kamu harus menjaga agar body motor tidak terlalu sering dipoles dengan zat kimia yang aneh-aneh. Sebab jelas hal tersebut akan memicu perubahan warna car motor menjadi kusam atau pudar dalam jangka waktu yang lama. Ini bukan berarti kamu tidak boleh memberikan polesan pada motor, namun pastikan terlebih dahulu poles yang kamu gunakan memang teruji dan berkualitas.

Baca:   Fitur-Fitur Honda CBR250RR yang Tidak dimiliki R25 dan Ninja 250

4. Jarang dicuci
Ini cukup mutlak, motor yang jarang dicuci akan membuat body motor menjadi kusam. PAsalnya sudah terlalu lama debu, bekas air hujan, bercampur terik matahari, cipratan air-air kotor dan lainnya menempel terlalu lama. Akibatnya saat sudah dicuci warna cat tidak bisa kembali sempurna.

5. Minyak rem
Minyak rem sejatinya memang digunakan dalam pengereman. Namun nyatanya minyak rem adalah musuh terbesar dari cat. Sehingga kamu harus berhati-hati menggunakan minyak rem, jangan sampai terciprat mengenai body motor. Jika memang terlanjur terkena minyak rem, segera bilang hingga bersih sebelum cat motor kamu jadi lebih buruk.