5 Jenis batu akik paling tersohor dari Indonesia

batu akik

Batu akik memang sudah redup seiring dengan makin lesunya daya beli penggemar batu akik. Namun bukan berarti bahwa batu akik sudah tidak dicari oleh para kolektor. Hingga saat ini perburuan batu akik masih saja terus ada dan hanya dilakukan oleh orang-orang yang memang tidak hanya ‘cinta’ sesaat pada batu akik. Melainkan sudah menyatu dengan jiwa sehingga meninggalkan batu akik merupakan hal yang sangat sulit.

Tak heran jika ragam batu yang berasal dari Indonesia hingga kini masih menjadi buruan kolektor dan penggila perhiasan. Saat ini, ada lima jenis batu mulia yang paling banyak dicari. Kelima batu tersebut punya keindahan yang memukau. Tak heran, harganya melambung. “Harganya di kisaran Rp5 juta hingga Rp50 juta,” ungkap kolektor batu mulia, Suwandi Gazali, di Jakarta, dikutip dari Metrotvnews.com. Batu akik jenis apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

Baca:   5 Tren Musiman Yang Pernah Mampir di Indonesia

1. Bacan
Batu mulia asal Pulau Kasiruta, Halmahera Selatan, Maluku Utara, ini sejatinya telah tersohor hingga mancanegara. Bukan hanya di masa kini, melainkan sejak abad pertengahan saat Tanah Air menjadi pusat rempah-rempah dunia.┬áBatu bacan dianggap ‘batu hidup’ karena kemampuannya berproses menjadi lebih indah secara alami. Pada 1960, saat berkunjung ke Pulau Bacan, Presiden Soekarno dihadiahi warga setempat beberapa butir batu bacan. Presiden SBY juga sempat menghadiahi Presiden Amerika Serikat Barrack Obama cincin batu bacan saat berkunjung ke Indonesia.

Baca:   Ahhh...! Telur Ayam Bulat Sempurna Laku Terjual Rp 10 Juta di Situs eBay?

2. Idokras
Kebanyakan batu ini berwarna lumut hijau atau kadang menyerupai warna solar, yakni cokelat kekuning-kuningan. Sumber jenis batu permata ini di Indonesia dari Sumatra Barat dan Nanggroe Aceh Darussalam.

3. Kalsedon
Batu ini memiliki berbagai warna mulai dari merah, kuning, biru, hingga jingga, tapi yang utama ialah hijau. Batu ini seolah-olah diselimuti kabut, sehingga kelihatan memiliki cahaya kusam. Di Indonesia batu jenis ini banyak dihasilkan di Jawa Barat dan Sulawesi Tenggara. Baru-baru ini, kalsedon juga ditemukan di Pacitan, Jawa Timur.

4. Akik gambar
Batu ini memiliki keistimewaan karena punya wujud gambar yang terukir secara alami. Ada batu akik yang punya gambar menyerupai ayam, tokoh, atau pemandangan. Jangan heran semakin unik gambar dalam batu akik ini tentu harga jual akan ikut terdongkrak. Batu gambar atau agate banyak ditemukan di Pacitan (Jawa Timur), Garut (Jawa Barat), dan Nusa Kambangan. Diyakini masih banyak lagi daerah penghasil batu gambar di Indonesia yang belum terkuak.

Baca:   Tren Batuk Akik Sudah Habis, Kini Burung Jadi Primadona Baru

5. Kalimaya
Batu yang juga disebut opal ini merupakan batu permata (gem) yang lembek, tapi banyak disukai orang. Harganya tergolong mahal. Opal bisa memancarkan cahaya berlian. Opal ditambang di India, Mesir, Australia, Meksiko. Khusus di Indonesia ada di Banten. Tidak berlebihan jika kalimaya dianggap sebagai batu terindah di dunia.

loading...