5 Jus Yang Ampuh Hancurkan Batu Empedu Tanpa Operasi

gejala-batu-empedu

Di zaman yang serba maju seperti sekarang ini, kesehatan sepertinya semakin mahal. Oleh karena itu, jika tidak mau sakit, maka harus selalu menjaga kesehatan dan juga mengkonsumsi makanan sehat. Namun, sepertinya sulit untuk mencari makanan sehat saat ini. Akibatnya, banyak penyakit yang timbul dari konsumsi makanan dan minuman tidak sehat tersebut.

Salah satu penyakit yang disebabkan oleh karena pola hidup yang tidak sehat adalah batu empedu. Penyakit ini biasanya sulit tidak menunjukkan gejala apapun bagi penderitanya. Sementara itu, lainnya menunjukkan gejala seperti nyeri, mual, dan sakit kuning. Perawatan medis standar untuk batu empedu simtomatik adalah operasi. Namun, pasien yang tidak ingin menjalani operasi dapat mengonsumsi obat tertentu untuk melarutkan batu empedu.

Nah, berikut adalah lima jus yang bisa membantu mengeluarkan batu empedu, seperti dilansir Positivemed.com, dikutip dari Merdeka.com. Selengkapnya bisa kamu simak dibawah ini.

1. Apel dan Garam Epsom
Minum dua gelas jus apel setiap hari selama dua minggu untuk melunakkan batu empedu. Selanjutnya, larutkan satu sendok makan garam Epsom dalam segelas air. Minum dua atau tiga gelas larutan garam Epsom dalam sehari. Garam Epsom dapat membuka saluran-saluran empedu untuk mengeluarkan batu empedu yang sudah melunak. Kebanyakan orang akan mengalami diare yang cukup parah setelah menenggak garam Epsom.

2. Jus Lemon
Campur setengah cangkir jus lemon dengan setengah cangkir minyak zaitun. Minum ramuan itu dalam sekali tenggak. Kamu mungkin akan merasa mual dan mengalami diare setelahnya. Minyak zaitun dapat memicu pengosongan kandung empedu dan asam sitrat dapat mengurangi kadar kolesterol dalam empedu, yang membantu dalam melarutkan batu empedu.

3. Jus Apel
Kamu bisa mencampur satu sendok makan cuka sari apel dengan segelas jus apel dan meminumnya setiap pagi. Asam malat yang ditemukan dalam jus apel dapat melunakkan batu empedu, dan cuka sari apel dapat mengurangi kadar kolesterol dalam empedu, yang juga ikut melarutkan batu empedu secara perlahan. Cuka sari apel juga bisa mencegah pembentukan batu empedu.

4. Jus Pir
Larutkan satu sendok makan madu dalam setengah gelas air hangat. Kemudian campur dengan jus pir. Pektin yang ditemukan dalam jus pir dikatakan dapat melarutkan batu empedu.

5. Teh Peppermint
Peppermint dapat merangsang aliran empedu, dan terpene, senyawa yang ditemukan dalam peppermint, dapat membantu melarutkan batu empedu. Kamu hanya perlu merendam daun mint dalam air panas untuk membuat teh peppermint. Minum beberapa kali dalam sehari untuk mengeluarkan batu empedu.

loading...