5 Latihan Mudah Atasi Kelelahan di Depan Komputer

kelelahan

Pekerjaan yang mengharuskan Anda duduk dan memandang komputer seharian, memang sering membuat badan pegal-pegal. Begitu pula halnya dengan sering menatap layar smartphone, bisa berakibat sama. Untuk menghilangkan rasa pegal tersebut, coba ikuti lima latihan yang sangat mudah di bawah ini, seperti yang dilansir dari liputan6.com, Selasa (2/8/2016):

1. Untuk meringankan kram jari di smartphone: ketuk jari Anda
Pernah mendengar kram jari? Hal ini terjadi karena Anda tidak mengistirahatkan jari saat mengetik smartphone. Lebih baik letakkan smartphone Anda sebentar, kemudian ketuk masing-masing ibu jari sebanyak lima kali berturut-turut untuk menghilangkan kram.

2. Untuk mengobati “selfie elbow”: regangkan pergelangan tangan Anda
Walaupun kelihatannya konyol, namun dokter telah mengkonfirmasi salah satu masalah yang sering dialami seseorang di zaman sekarang, yaitu “selfie elbow”. Biasanya disebabkan karena Anda terlalu banyak mengambil foto wajah Anda yang rupawan.

Baca:   8 Fakta Tentang Penis Yang Harus Kamu Ketahui

Untuk menguranginya, cukup regangkan tangan dengan mengepalkan tangan agak longgar, kemudian tekuk dengan lembut pergelangan tangan Anda ke atas dan ke bawah. Ulangi setiap kali sehari, tergantung sesering apa Anda melakukan selfie.

3. Untuk meredakan “tech neck” (kaku di leher) akibat teknologi: lakukan yoga di meja Anda
Leher kaku terjadi akibat pose duduk yang membungkuk ketika melihat komputer. Jika masalah ini menyerang, coba letakkan tangan kiri Anda di belakang punggung dan tangan kanan melewati kepala Anda ke belakang, kemudian genggam jari-jari Anda sejauh yang Anda bisa dan tahan beberapa detik. Ambil napas dalam-dalam dan ulangi pada sisi yang berlawanan. Akan lebih baik lagi jika Anda melakukannya sambil berimajinasi tentang pulau atau tempat yang indah.

Baca:   Fakta Mencengangkan Kandungan Garam Dalam Mi Instan Yang Kamu Makan, Dijamin Bikin Geleng-Geleng Kepala, Kamu Mau Tahu?

4. Untuk meringankan bahu kaku: angkat bahu Anda
Untuk mengurangi bahu yang kaku akibat terlalu fokus mengetik dan melihat komputer, coba tarik napas yang dalam, kemudian angkat bahu Anda setinggi telinga dan tahan selama beberapa detik, lalu jatuhkan.

5. Untuk mengistirahatkan mata lelah akibat komputer: kedipkan mata Anda
Hal ini merupakan Computer Vision Syndrome (CVS), yaitu istilah umum yang digunakan akibat terus menerus menatap layar komputer untuk waktu yang lama, sehingga membuat mata kelelahan.

Untuk meredakannya, caranya cukup kedipkan mata Anda atau bisa juga dengan membuat pengingat 20-20-20, yaitu setiap 20 menit, coba hentikan apa yang Anda lakukan dan tatap apa pun yang jauhnya 20 kaki dari tempat Anda selama 20 detik.