5 Mainan edukatif yang cocok untuk bayi

mainan-anak

Selain sebagai sarana untuk mengalihkan perhatian bayi, mainan juga berguna sebagai sarana untuk belajar sejak dini, loh. Menurut para psikolog, mainan memegang peranan penting dalam membantu anak dalam belajar hal-hal baru. Meskipun begitu, tidak semua mainan cocok untuk bayi, kamu harus pintar-pintar dalam memilih mainan yang edukatif dan interaktif untuk anak.

Mainan apa saja yang cocok untuk dimainkan bayi kamu? Selengkapnya dibawah ini, dirangkum dari Merdeka.com, Sabtu 24/10/2015. Nah, semoga bisa membantu para orang tua untuk memilih mainan yang cocok untuk buah hati tercinta.

1. Boneka
Boneka bukan cuma mainan buat anak perempuan, lho. Anak-anak cenderung lebih mudah berimajinasi dengan objek berwujud makhluk hidup seperti boneka. Selain itu, boneka juga membantu anak untuk mempersiapkan diri dalam berkomunikasi dengan manusia sejak dini.

Baca:   Cerita Mahasiswi Inggris Terjun Jadi 'Ayam Kampus' Pada Usia 18 Tahun

2. Building Blocks
Building blocks atau mainan bongkar pasang bermanfaat dalam meningkatkan keterampilan motorik anak. Perakitan blok dan menciptakan hal-hal makna mereka sendiri juga membantu dalam meningkatkan keterampilan kognitif. Untuk saat pertama sebaiknya mulai dengan blok besar. Setelah anak mulai besar, secara bertahap ganti dengan building blocks yang lebih kecil dan rumit.

3. Bola
Hindari bola plastik karena anak-anak memiliki kecenderungan untuk meletakkan segala sesuatu di mulut mereka. Sebaiknya pilih bola yang berbentuk boneka. Mainan berbentuk bola akan membantu anak mengembangkan keterampilan motorik kasar mereka. Setelah mereka mampu menangkap dan melemparkan dengan benar, perkenalkan anak dengan jenis permainan bola yang tingkat kesulitannya lebih tinggi.

Baca:   Waduh! Ternyata Berhubungan Seks Dengan Posisi Seperti Ini Bisa Bikin Mr P Patah, Kok Bisa Ya?

4. Rattle toy
Rattle toy atau mainan kerincingan bisa menjadi sara perkenalan anak terhadap musik. Bunyi gemerincingnya sangat disukai anak-anak dan memancing rasa ingin tahu mereka. Mainan seperti ini bisa membantu mengembangkan keterampilan sensorik anak.

5. Buku
Buku dengan cerita menarik yang dipenuhi ilustrasi warna-warni bisa merangsang keinginan anak untuk belajar berimajinasi dan mengenali objek. Buku cerita juga bisa menjadi sarana untuk melatih ketajaman memori anak.

Itulah beberapa jenis mainan edukatif yang bisa kamu pilihkan untuk anak. Sebelum memilih mainan untuk anak, pastikan salah satu mainan pilihan kamu tidak terbuat dari bahan yang berbahaya.