5 Manfaat Minum Bir Untuk Kesehatan, Termasuk Sumber Vitamin

Minuman Bir

Bir merupakan salah satu minuman yang kerap disalah gunakan oleh orang untuk mabuk-mabukan. Namun, jika diminum dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan, bir sebenarnya bisa memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Bagi Anda yang tidak suka dengan alkohol, Anda bisa memilih bir yang rendah alkohol. Dan yang paling penting, jaga agar Anda tidak sampai mabuk.

Dikutip dari Kompas Health, berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari minum bir. Ingat, segala sesuatu yang jika dikonsumsi secara berlebihan akan mendatangkan kerugian bagi diri sendiri, termasuk meinum bir. Oleh karena itu, konsumsilah sesuai takaran dan jangan berlebihan. Selengkapnya mengenai manfaat bir bisa Anda simak dibawah ini:

Membantu Pemulihan Pasca Latihan
Minum bir pasca-latihan dapat membantu Anda pulih dengan lebih cepat, kata sebuah studi di Spanyol. Para peneliti di Universitas Granada meminta siswa untuk latihan sampai suhu tubuh mereka mencapai 40 derajat Celcius dan kemudian meminta mereka minum bir atau air. Hasilnya, mereka yang minum bir sedikit lebih terhidrasi dibanding mereka yang air putih. Meski demikian, para peneliti tetap menyarankan agar Anda minum air putih dan minuman berprotein juga untuk memercepat pemulihan.

Baca:   Saat ciuman terjadi pertukaran 80 juta bakteri antar mulut

Melindungi Otak
Senyawa dalam bir dapat melindungi Anda terhadap penyakit Alzheimer dan Parkinson, menurut sebuah studi dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry. Para peneliti di Cina menemukan bahwa senyawa xanthohumol dalam bir, dikenal memiliki manfaat antioksidan dan antikanker, yang dapat memperlambat perkembangan penyakit syaraf degeneratif.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Orang yang tidak minum bir tiga kali lebih mungkin untuk menderita flu, kata sebuah studi oleh Unit Common Cold di Salisbury. Mengapa? Minum bir dalam kadar meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi, demikian menurut sebuah studi dari Oregon Health dan Science University. Para peneliti tidak tahu alasan mengapa orang yang minum bir lebih sedikit berisiko flu, namun diduga ada manfaat antioksidan dalam gandum sebagai baham dasar pembuat bir yang melindungi sel dari kerusakan.

Baca:   5 Hal ini yang dibayangkan wanita soal Mr P, bukan soal ukuran

Memperkuat Tulang
Wanita yang minum setidaknya dua bir sehari, memiliki tulang yang lebih kuat, menurut analisis studi di Natural Medicine Journal. Bir adalah sumber yang sangat baik dari silikon bioavailable, elemen mendasar untuk pembangunan tulang dan struktur tulang rangka. Sebanyak 64 persen silikon yang ditemukan dalam bir bebas alkohol, dapat diserap oleh tubuh. Sementara hanya empat persen dari senyawa yang sama dalam pisang, yang dapat diserap oleh tubuh.

Baca:   8 Penyebab Orang Mati Mendadak Saat Tidur Ini Bikin Ngeri Banget, Hati-Hati Lho!

Sumber Vitamin
Kebanyakan varietas bir mengandung beberapa jenis vitamin B, kaya kalsium, magnesium, dan selenium. Bir hitam mengandung zat besi bebas dari 121 ppb dibandingkan dengan bir putih yang mengandung 92 ppb dan bir non-alkohol 63 ppm, menurut sebuah penelitian di Spanyol. Zat besi membawa oksigen dari paru-paru ke otot dan organ lainnya. Sehingga, ketika asupan zat besi Anda rendah, oksigen beredar lebih lambat, dam dapat membuat Anda merasa lelah, lesu dan mudah tersinggung.

loading...