5 Pertanda jantung Anda tidak bekerja dengan normal, wajib baca…

kesehatan jantung

Salah satu penyakit yang penuh dengan ‘misteri’ adalah penyakit jantung. Ia bisa muncul secara tiba-tiba tanpa adanya peringatan apapun. Namun, tidak sedikit juga yang memiliki sejumlah pertanda, meskipun pada akhirnya banyak yang gagal menghindarinya. “Terutama untuk para wanita, karena tanda-tanda dari gejala masalah jantung tidak selalu mengikuti pola-pola klasik,” ujarKerryHildreth, MD, seorang asisten profesor bidang kesehatan dan penuaan jantung diUniversity ofColoradoSchool ofMedicine.

Terlepas dari gender, mengetahui apa yang harus Anda waspadai menjadi kunci penting. Sebagai awal, jagalah selalu tekanan darah dan kolesterol Anda, ujar Paul Whelton, MD, seorang profesor epidemiologi di Tulane University School of Public Health. Lalu, cobalah untuk mengenali tanda-tanda berikut yang bisa menjadi potensi masalah, seperti dilansir dari laman Liputan6.com, Jumat (18/3/2016).

1. Nyeri di dada
Tidak semua orang mengalami serangan jantung bergaya Hollywood (meremas dada lalu jatuh ke lantai). Tekanan yang intens pada dada-seperti ada gajah yang berdiri di atas dada Anda, ujar Whelton, menjadi peringatan Anda untuk mencari pertolongan. Merasa otot di dada Anda tertarik? Itu bisa menjadi pertanda Anda memiliki penyakit jantung, ujar Ashley Simmons, MD, seorang ahli jantung dari University of Kansas Hospital, jadi pastikan untuk menginformasikan kondisi ini kepada dokter.

Baca:   12 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Pria, Mau Tahu?

“Tidak harus sakit yang tajam,” ujar Simmons. “Itu bisa saja hanya sakit yang halus, dan terkadang menjalar ke bahu, lengan, leher, atau rahang.” Nyeri di dada yang tiba-tiba muncul ketika sedang melakukan olahraga atau ketika Anda sedang stres, juga bisa menjadi tanda masalah aliran darah.

2. Nafas pendek
Jika kegiatan ringan membuat Anda kehabisan nafas–terutama jika Anda terbiasa menaiki tangga yang tinggi dan panjang tanpa merasa kesusahan–itu merupakan masalah, ujar Simmons. “Saya meminta para pasien untuk membandingkan aktivitas mereka hari ini dengan aktivitas mereka satu atau dua tahun yang lalu,” ujarnya.

“Jika mereka menyadari perubahan besar dalam bernafas atau apa yang bisa mereka lakukan, itu merupakan sebuah pertanda, mungkin sedang terjadi sesuatu pada tubuh Anda.” Masalah pernafasan yang timbul ketika Anda sedang berbaring juga merupakan sebuah isu serius. Hal tersebut bisa menjadi indikasi penyakit membran.

3. Gejala mirip flu
“Merasa pusing atau kelelahan, atau mengalami demam, dan berkeringat cukup banyak bisa menjadi pertanda aliran darah yang kurang baik,” ujar Hildreth. Memang terkadang hampir semua orang mengalami hal ini, namun jika ini terjadi selepas Anda melakukan aktivitas fisik, segera temui dokter Anda.

Baca:   Mike Mohede Meninggal Karena Serangan Jantung, Ucapan Duka Cita Mengalir di Medsos

Kekacauan yang parah pada perut juga bisa menjadi pertanda bahaya; penelitian menunjukkan bahwa beberapa wanita memiliki gangguan pencernaan pada hari sebelum mereka mengalami serangan jantung. Namun mereka tidak mengaitkannya dengan masalah jantung sehingga mereka membiarkannya.

4. Keliyengan
Merasa keliyengan atau berputar-putar bisa menjadi tanda dari masalah penyumbatan atau masalah yang berhubungan dengan katup, terutama ketika terjadi bersamaan dengan rasa berdebar pada jantung Anda , ujar Simmons. Merasa keliyengan ketika Anda baru terbangun dari duduk juga bisa menjadi pertanda ancaman pada masalah jantung Anda.

5. Kelelahan atau seperti kurang tidur
Banyak wanita penderita penyakit jantung merasa lelah dalam cara yang aneh pada minggu-minggu sebelum terjadinya serangan jantung. Mereka juga melaporkan “gangguan tidur”, menurut sebuah studi dari University of Arkansas.