5 Tips Paling Ampuh Mengelola Keuangan Keluarga

meminjamkan-uang-pada-teman

Masalah keuangan merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada setiap orang karena kurangnya pengetahuan mengatur uang pengeluaran. Banyak orang yang tidak mengerti bagaimana cara mengelola keuangan yang benar. Akibatnya, sering belum akhir bulan sudah meminjam sana-kemari. Padahal jika bisa mengelolanya, permasalahan mengenai itupun bisa dihindari.

Dengan mengelola uang, seseorang pun bisa menjadi kaya. Setidaknya tidak akan kesulitan uang. Berikut tips jitu bagaimana cara mengelola uang, dilansir dari Liputan6.com, Minggu (24/7/2016). Simak selengkapnya dibawah ini dan semoga bisa membantu:

1. Mengklaim Kembali Tax Allowance
Jika Anda bekerja untuk diri anda sendiri, Anda berhak mendapatkan berbagai keuntungan pajak yang selama ini tidak pernah Anda perhatikan. Apapun yang Anda bayarkan untuk kepentingan pekerjaan Anda, bisa Anda klaim kembali sebagai resiko pajak penghasilan, pastikan Anda menyimpan proporsi yang lebih tinggi dari uang yang Anda dapatkan.

Baca:   Hebat! Tanpa diet, wanita ini bisa turunkan berat badan hingga 110 kilogram

2. Mencatat Pengeluaran
Salah satu cara untuk memastikan seberapa besar uang yang Anda keluarkan adalah dengan mencatatnya sebagai pengeluaran. Anda akan mendapatkan penjelasan bagaimana pergerakan finansial Anda yang nantinya akan diketahui apakah bisa menjadi potensi untuk iinvestasi.

3. Nikmati Keuntungan dari Penawaran Rekening Tabungan
Setelah Anda mempunyai pegangan berupa uang di rekening Anda, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa Anda memiliki rekening tabungan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam lahan bisnis yang kompetitif dalam dunia perbankan, perusahaan akan menawarkan semua penawaran menarik untuk Anda. Suku bunga yang tinggi akan bergantung pada inflasi penyimpanan Anda berikut dengan tunjangan lain seperti akomodasi hotel.

Baca:   Supaya Anak Kamu Cepat Tidur, Biarkan Ia "Menangis"

4. Tempatkan tabungan Anda pada Pekerjaan
Jika Anda sudah mampu untuk menyimpan keuangan Anda untuk masa depan, sangat penting pula untuk menggunakannya dengan baik. Akan ada banyak kesempatan untuk menambah pundi-pundi tabungan Anda melalui investasi. Dengan penawaran obligasi yang kecil namun tingkat suku bunga yang stabil, sambil mencari peluang lain yang lebih besar untuk mendapat keuntungan, mungkin Anda akan meneliti tentang pasar saham atau penyebaran taruhan.

5. Meneliti Kesempatan Pendanaan Umum
Salah satu kesempatan lain untuk investasi adalah kemungkinan Anda untuk mau memperhatikan pendanaan umum. Meningkatkan jumlah pendapatan untuk sebuah proyek dengan mempresentasikan tentang peluang investasi kepada khalayak umum, menawarkan kesempatan sebesar-besarnya dengan resiko yang kecil.