6 Cara Sederhana Menjaga Kualitas Sprema Agar Tetap Subur

pencurain-sperma

Masalah kesuburan sering kali menjadi hantu yang menakutkan bagi seorang pria. Salah satu faktor yang menyebakan pria tidak subur adalah kualitas sperma yang rendah dan jumlah yang sedikit. Oleh karena itu, agar kualitas sperma tetap terjaga, Anda sebaiknya menyimak beberapa hal berikut ini. Dilansir dari Okezone, berikut cara sederhana untuk menjaga kualitas sperma:

Kurangi penggunaan plastik
Bahan kimia tertentu, seperti Phthalates dan BPA dikatakan dapat mengurangi jumlah sperma. Oleh karena itu, Anda harus mengurangi penggunaan plastik agar kualitas sperma terjaga.

Baca:   Supaya Anak Kamu Cepat Tidur, Biarkan Ia "Menangis"

Minimalkan penggunaan alat dapur tertentu
Lapisan kimia pada panci tanpa pegangan dikatakan mempengaruhi jumlah sperma. Karena itu, cobalah penggunaan jenis alat dapur seperti itu.

Jangan salah pilih sabun
Sabun tertentu, shampoo, dan bahkan parfum mengandung bahan-bahan tertentu yang dapat mengurangi jumlah sperma. Karena itu, jangan salah pilih dan lebih baik mengurangi penggunaannya.

Baca:   Apakah mungkin orgasme tanpa keluar sperma?

Hindari rokok
Merokok adalah musuh terbesar sperma. Berhenti dari kebiasaan buruk ini dapat menjaga kualitas sperma.

Jauhkan radiasi
Hindari menempatkan smartphone atau handphone di kantong celana. Karena, kebiasaan ini akan mempengaruhi kualitas sperma, bahkan mengurangi jumlahnya.

Kurangi makanan kaleng
Makanan kaleng dapat mengandung BPA yang dikatakan bisa mengurangi jumlah sperma. Jadi, jika ingin menjaga kualitas sperma, sebaiknya mengurangi kebiasaan makanan kaleng atau olahan.