6 Hal Ini Jangan Pernah Anda Gunakan Untuk Vagina, Anda Mau Tahu?

vagina

Anda pasti sudah tidak asing yang namanya vagina, salah satu bagian penting tubuh manusia, terutama wanita. Karena area vagina sangat penting, Anda pastinya selalu ingin menjaga agar tetap bersih, bukan? Berbagai perawatan vagina atau miss V seperti sabun pembersih khusus, hingga perawatan uap di spa kecantikan, ada untuk menjadi kebersihan area intim.

Namun tahukah Anda, bahwa miss V tidak butuh Anda rawat, karena area ini telah menjaga keseimbangan sendiri. Bahkan, seperti dilansir dari liputan6.com, Senin (22/8/2016), terlalu sering membersihkan vagina dapat membuat keadaannya menjadi tidak baik. Berikut 6 benda yang wajib Anda hindari di area miss V, agar dapat tetap sehat dan segar.

Baca:   Penderita Rematik Dianjurkan Untuk Makan Ceker Ayam, Ternyata Ini Alasannya

1. Minyak
Jika Anda khawatir dengan aroma miss V, pasti terdapat beberapa cara yang menyarankan Anda menggunakan minyak zaitun atau tea tree oil. Namun, ternyata minyak dapat mengganggu ekosistem dalam vagina Anda. Sebenarnya, aroma dalam vagina adalah hal yang wajar. Jika Anda merasa terganggu dengan aroma tertentu, lebih baik hubungi dokter spesialis.

2. Semprotan deodoran
Sekali lagi, vagina Anda tidak perlu memiliki aroma wangi yang menyegarkan. Jadi, Anda tidak butuh Feminin Hygiene Sprays atau benda sejenis. Justru, pewangi yang erdapat di dalamnya dapat menyebabkan iritasi bagi vagina.

Baca:   Hirup Bau Kentut Bisa Cegah Kanker dan Perpanjang Umur?

3. Sabun
Sebenarnya, Anda hanya cukup mencuci ringkas miss v dengan sabun ringan. Dan yang perlu diingat, cukup bersihkan bagian luar vagina.

4. Semprotan air
Vagina adalah tempat dimana tumbuhkan bakteri baik yang membantu menghilangkan bakteri jahat. Jika Anda menyemprot vagina dengan air, tak hanya menghilangkan bakteri baik, tindakan ini juga mengacaukan keseimbangan di dalamnya. “Jika Anda menyemprot air, pH di dalam vagina berubah, menjadi sangat asam” jelas Dr Jenny K. Francis, MD, dari Columbia University Medical Center. Hal ini yang kemudian menyebabkan infeksi bakteri dan jamur.

5. Krim penghilang bulu
Krim penghilang bulu sebenarnya aman jika Anda memilih formulasi untuk kulit sensitif. Jika Anda ingin melakukan sendiri di rumah, sebaiknya cari krim yang benar-benar cocok untuk kulit sensitif, karena area vagina adalah salah satu bagian paling riskan. Lebih baik, gunakan pisau cukur atau lakukan waxing di salon terpercaya.

Baca:   6 Jenis Kacang Yang Cocok dijadikan Cemilan Saat Begadang Nonton Bola

6. Uap
Hal ini disebut sebagai salah satu rahasia kecantikan artis Hollywood. Namun menurut Dr Jenny, hal ini tampaknya tidak dibutuhkan sama sekali. Lebih sedikit produk dan perawatan yang digunakan, akan lebih baik. Cukup berikan ruang untuk vagina bernafas, dan biarkan ia menjaga kebersihan secara natural.

loading...