6 Langkah Sederhana Ini Ampuh Hemat Pengeluaran Harian Anda, Mau Tahu Caranya?

hemat-uang

Untuk apapun uang itu, setiap orang pasti mengeluarkan uang setiap hari untuk belanja. Jika Anda tidak jeli dalam mengelola pengeluaran Anda, maka bisa jadi jumlah yang keluarkan tidak bisa terkendali alias boros. Jika Anda ingin memulai berhemat, enam aksi sederhana yang dikutip dari tribunsolo.com ini bisa membantu Anda untuk hemat:

1. Masak bekal sendiri
Masak sendiri untuk bekal atau makan malam merupakan cara hemat yang jitu untuk kamu yang tinggal di Indonesia. Kalau kamu jago memasak, jangan sia-siakan kemampuan kamu dengan tidak memasak bekal sendiri. Bagi kamu yang tidak pandai memasak, kamu bisa belajar memasak nasi, telur, atau masakan sederhana lain yang tidak terlalu membutuhkan keahlian memasak.

Membawa sendiri nasi dan telur sudah membuat kamu berhemat sekitar Rp 5.000 per hari. Jika dikumpulkan, dalam sebulan kamu bisa hemat hingga Rp 150.000 atau Rp 1,8 juta per tahun. Besar juga kan?

2. Bagi makanan bersama teman-teman
Tips ini bisa dicampur bersama dengan tips membuat bekal sendiri. Misalnya, kamu yang membawa nasi dan telur karena tidak bisa memasak. Teman kamu yang jago masak lauk pauk membawa bekal lauk saja. Kalian bisa saling share makanan yang dibawa.

3. Cobalah nongkrong ‘gratis’
Nongkrong tidak harus dilakukan di mall. Untuk ganti suasana, kamu bisa nongkrong bersama pasangan atau teman-teman kamu di objek wisata atau taman kota yang gratis. Bawa makanan dan camilan sendiri untuk dimakan bersama, tapi jangan sampai kamu membuang sampah sembarangan atau mengotori tempat publik ya.

4. Usahakan untuk sewa kos atau rumah kontrak bersama
Bagi kamu yang belum menikah dan kebetulan tempat tinggal kamu cukup jauh dari tempat bekerja, cobalah manfaatkan keadaan ini untuk mencari teman-teman seperjuangan untuk menyewa kos atau rumah kontrak bersama. Harga sewa per orang bisa menjadi jauh lebih murah dibandingkan kalau kamu menanggung semuanya sendiri, apalagi kalau fasilitas kos atau rumah yang ditawarkan juga menggiurkan.

5. Cobalah berakhir pekan bersama dengan nonton di rumah
Daripada tiap akhir minggu menghabiskan uang nonton di bioskop, coba selingi dengan menghabiskannya di rumah. Kamu bisa rencanakan acara nonton bersama. Selain lebih hemat, film yang ingin ditonton juga bebas kamu pilih bersama teman dan pasangan.

6. Gunakan kartu kredit untuk berhemat
Selain tips-tips di atas, kamu juga bisa cerdik memanfaatkan kartu kredit untuk mendapatkan hiburan atau membeli barang kelas atas dengan harga miring. Keunggulan utama kartu kredit adalah banyaknya promo yang ditawarkan oleh toko atau merchant terkait penggunaan kartu kredit kamu, seperti diskon atau cashback.

loading...