6 Negara dengan Tingkat Pendidikan Terbaik di Dunia, Indonesia Posisi Berapa Ya?

pendidikan-terbaik

Salah satu hal yang menjadi daya saing suatu bangsa adalah tingkat pendidikan terbaik. Hal itu pulalah yang menjadi salah satu faktor yang diukur dalam survei daya saing global yang dirilis oleh World Economic Forum (WEF). Negara-negara Eropa berhasil mendominasi daftar negara dengan tingkat pendidikan paling baik di dunia.

Setiap negara yang disurvei diberikan skor dengan rentang 1 hingga 7 berdasarkan jumlah penduduk yang mendapat pendidikan yang layak. Semakin tinggi skor, semakin baik tingkat pendidikan di negara tersebut. Berikut ulasannya dilansir dari laman liputan6.com, Sabtu (8/10/2016):

Baca:   Lagi, Guru Pukul 6 Murid SD Gunakan Galon Air Isi Ulang

6. Denmark (Skor: 5,9)
Denmark merupakan negara di Benua Eropa yang menyalurkan pendapatan dalam jumlah besar di bidang pendidikan. Persentase subsidi pemerintah dalam bidang pendidikan mencapai 7,9 persen dari total PDB.

5. Belgia (Skor: 5,0)
Bagi mereka yang mampu menyelesaikan pendidikan hingga tingkat perguruan tinggi, pemerintah Belgia memastikan mereka pasti akan mendapat pekerjaan. Tingkat pengangguran bagi penduduk dengan pendidikan tinggi hanya sebesar 3 persen. Angka ini lebih rendah dibanding negara lain di Eropa.

Baca:   Ngeri! Siswa Pergi Sekolah Naik Sepeda Lewat Jembatan 50 Meter Tanpa Pengaman

4. Swiss (Skor: 6,0)
Sebanyak 86 persen penduduk Swiss setidaknya mampu menamatkan pendidikan mereka hingga bangku sekolah tinggi (SMA). Pemerintah Swiss juga memberikan subsidi pendidikan cukup besar bagi tiap pelajar yang belajar di negara tersebut.

3. Belanda (Skor: 6,1)
Sepertiga dari penduduk Belanda yang berusia 25-64 tahun rata-rata berhasil menamatkan pendidikan hingga perguruan tinggi. Jumlah ini lebih banyak 24 persen dibanding negara Eropa lainnya.

Baca:   Ciri-Ciri Ijazah Palsu Yang Tidak diakui Negara

2. Finlandia (Skor: 6,2)
Sistem pendidikan di Finlandia terkenal akan keunikannya. Orang yang ingin menjadi guru di Finlandia diharuskan untuk menempuh pendidikan minimal S2 di bidang pendidikan.

1. Singapura (Skor: 6,3)
Negara singa ini mampu menduduki peringkat pertama dengan sistem pendidikan yang dinilai sangat kompetitif di dunia. Lulusan dari sekolah di Singapura banyak yang mampu menuai kesuksesan besar dalam karier.

loading...