6 Perawatan penting sekitar mata yang perlu Anda ketahui

area-mata

Bukan hanya kulit wajah saja yang perlu menjadi perhatian dan juga perlu perawatan lebih. Area di sekitar mata juga perlu perawatan ekstra karena kulit di area mata sangat tipis sehingga mudah mengalami keriput dibanding kulit di area lain. Gejala awal yang paling sering muncul adalah garis tawa di sekitar mata, kerutan halus, dan kantung mata. Karena itu Anda perlu memberikan perhatian ekstra untuk area sekitar mata. Berikut ini 6 tips bermnafaat dari Womanitely, dikutip Merdeka.com, untuk merawat kulit di sekitar mata Anda.

1. Atur pola makan
Anda memiliki kantung mata atau lingkaran gelap di bawah mata? Masalah kulit yang satu itu tidak hanya bisa disebabkan karena kurang tidur atau penuaan dini, lho. Pola makan yang buruk juga bisa mempengaruhi kecantikan area sekitar mata. Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum banyak air. Batasi konsumsi garam, minuman berkafein, dan alkohol. Garam bisa mengakibatkan pembuluh darah di sekitar mata bengkak jika dikonsumsi dalam jumlah besar, sementara alkohol dan kafein akan mengakibatkan warna gelap di sekitar mata Anda.

Baca:   1001 Cara Merawat Rambut Rontok Secara Alami

2. Jangan mengucek mata
Karena kulit di sekitar mata sangat tipis dan cenderung sensitif, Anda harus berhati-hati dalam memperlakukannya. Jangan mengucek-ucek mata atau membersihkan makeup di area sekitar mata dengan produk yang mengandung alkohol. Hal ini akan berdampak negatif bagi kulit Anda.

3. Krim mata
Meskipun Anda sudah rutin memakai krim wajah yang bagus, perawatan khusus untuk mata Anda tetap tidak boleh dilupakan. Pakai produk perawatan yang terpisah. Pilih krim mata yang mengandung Haloxyl, peptida, asam nikotinat, kafein, ceramides, retinol dan pelembap. Kandungan-kandungan ini bisa mencegah keriput, perubahan warna, garis-garis halus dan serta kulit sekitar mata yang bengkak. Krim yang mengandung hyaluronic acid juga penting untuk menjaga kelembapan kulit di sekitar mata.

Baca:   6 Cara Menjaga Kecantikan Wajah Dengan Hal-Hal Sederhana

4. Kenakan tabir surya
Sinar Ultra Violet bisa memberikan dampak negatif bagi kulit sekitar mata Anda yang cenderung sensitif. Karena itu saat hendak beraktivitas di luar ruangan jangan lupa untuk memakai tabir surya terlebih dahulu dan jangan lupakan area sekitar mata.

5. Lakukan pemijatan
Pemijatan secara rutin ternyata efektif untuk mengurangi tanda-tanda penuaan di daerah sekitar mata seperti lingkaran hitam, bengkak, dan garis kerutan. Saat membersihkan makeup mata dengan eye makeup remover atau saat mengaplikasikan krim mata, jangan lupa lakukan sedikit pemijatan di sekitar mata.

Baca:   4 Kebiasaan Buruk Yang Sering dilakukan Pada Pagi Hari

6. Masker mata
Sekarang ini banyak produk masker mata yang beredar di pasaran. Anda bisa mencobanya untuk menjadikan mata dan kulit di sekitarnya rileks. Ini akan sangat membantu untuk mengurangi lingkaran gelap dan bengkak. Atau jika Anda lebih suka yang alami, Anda bisa memanfaatkan es batu yang dibungkus kapas, potongan kentang segar, timun, dan kantung teh celup untuk masker mata.

loading...