7 Hal Ini Yang Membunuh Sperma Anda

pencurain-sperma

Masalah sperma merupakan masalah serius yang sering dialami banyak pria diluar sana. Sel produktif pria itu mengandung banyak protein yang sangat menentukan kelahiran seorang bayi ke dunia ini. Untuk pria subur, mereka diperkirakan bisa menghasilkan rata-rata 1500 sperma per detik. Sperma yang sehat dan berkualitas dipastikan dapat segera membuahi sel telur.

Namun, ada juga yang mati sebelum bertemu sel telur pada wanita. Tahukah Anda apa penyebabnya? Direktur kesehatan reproduksi pria, Dr. James F. Smith di University of California, San Fransisco, membantu membimbing kita untuk mengetahuinya, seperti yang dilansir dari Liputan6.com, Rabu (29/6/2016):

1. Obesitas
Tanpa perlu dipertanyakan, hal ini merupakan penghalang dari kesuburan pria. Obesitas dapat mengurangi sirkulasi darah yang memainkan peran penting dalam ereksi dan langsung merusak sperma melalui perubahan hormon.

Baca:   Mengerikan, Cacing hidup dalam bola mata pria ini

2. Berhubungan seks terlalu sering
Kebanyakan pria membutuhkan 48 jam setelah ejakulasi untuk menghasilkan sperma dengan jumlah yang optimal. Semakin dekat jarak seorang pria berejakulasi, maka semakin sedikit jumlah spermanya.

3. Tidak cukup sering berhubungan seks
Jika seorang pria menunggu lebih dari tiga hari setelah ejakulasi pertama, beberapa kualitas sperma dapat menurun. Menurut sebuah studi pada 2009, seks setiap hari dapat membuat sperma lebih sehat karena mengurangi paparan radikal bebas.

4. Radiasi atau kemoterapi
Perawatan untuk menyelamatkan nyawa juga dapat memiliki efek samping yang parah pada sperma, termasuk kemandulan pada pria.

Baca:   5 Makanan yang bahayakan otak, wajib baca!

5. Menggunakan steroid atau testosteron
Efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan streoid anabolik adalah penyusutan testis. Disamping itu, obat tersebut dapat mengurangi produksi sperma yang bertentangan dengan apa yang orang pikirkan.

6. Menggunakan komputer
Laptop yang diletakkan untuk waktu yang lama di atas pangkuan, akan memanaskan skrotum Anda. Sehingga hal tersebut dapat mengurangi jumlah dan kualitas sperma.

7. Terlalu banyak menonton televisi
Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Harvard, pria yang menonton televisi lebih dari 20 jam per minggu, memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan pria yang hampir jarang menonton TV.