7 Kesalahan Yang Sering Anda Lakukan Ketika Menarik Uang di ATM, Anda Wajib Tahu

ilustrasi-atm

Mengambil uang di ATM (Anjungan Tunai Mandiri) saat ini bukan lagi hal cukup aneh. Bahkan ada orang yang bisa mengambil uang beberapa kali dalam sehari di ATM. Namun, jangan lupa untuk selalu memperhatikan saat Anda mengambil uang di ATM agar uang dalam ATM Anda tetap aman tidak dibobol atau dicuri orang.

Seperti diketahui bahwa sampai saat ini, masih banyak orang yang sering melakukan kesalahan saat menarik sejumlah uang di ATM. Apasajakah itu? Dikutip dari liputan6.com, inilah 7 kesalahan yang sering dilakukan banyak orang ketika menarik uang di ATM. Anda mau tahu?

1. Menarik uang di ruangan terbuka
Keberadaan mesin ATM saat ini memang sudah banyak dijumpai di mana-mana, termasuk minimarket. Biasanya kebanyakan orang yang berbelanja di minimarket tidak membawa uang tunai, dengan begitu ia mengandalkan kartu ATM-nya. Untuk membayar pun mereka menggunakan kartu ATM, penarikan uang di ruangan terbuka seperti itu tentu saja membahayakan.

2. Lupa mengubah pin
Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan ialah lupa mengubah pin. Mengubah pin memang tak diwajibkan, tapi kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi pada kita saat menarik uang dengan kondisi orang yang ramai mengantre. Kita tidak tahu apa yang dilihat orang yang berdiri tepat di belakang kita saat mengantre. Belum lagi adanya kamera pengintai di dalam ruangan mesin ATM. Untuk itu, agar lebih aman cobalah mengganti pin kartu ATM Anda.

Baca:   10 Kesalahan besar yang dilakukan wanita ketika berhubungan intim, catat itu...

3. Membukakan pintu untuk orang lain
Tak sedikit orang memahami bahwa membukakan pintu untuk orang lain saat di mesin ATM adalah salah satu tindakan yang baik. Namun faktanya, salah besar. Ingat, ketika Anda menarik uang di ATM, hal yang harus Anda utamakan adalah keselamatan diri sendiri, bukan orang lain.

4. Membuang struk ATM
Membuang struk ATM merupakan kesalahan yang paling banyak dilakukan orang-orang. Mereka selalu mengira bahwa komputer itu tidak pernah salah. Padahal kenyataannya tak selalu seperti itu. Tanda terima atau struk ATM adalah bukti terbaik yang dapat Anda pegang, ketika terjadi sebuah kesalahan. Dan jikalaupun Anda ingin membuangnya, sebaiknya disobek terlebih dahulu.

Baca:   Tebak gaya bercinta sesuai dengan Zodiak, Gemini paling ganas

5. Menggunakan kartu kredit
Mungkin Anda merasa lebih aman menggunakan kartu kredit, dibanding kartu debit. Namun, Anda salah besar. Faktanya, Anda sama sekali tidak dianjurkan menggunakan kartu kredit, terutama menggunakan mesin ATM. Kartu debit adalah satu-satunya kartu yang dapat digunakan di mesin ATM.

6. Ke ATM hanya untuk melakukan deposit
Kesalahan berikut ini sering dilakukan tapi jarang disadari. Dengan kecanggihan teknologi saat ini, sebenarnya Anda tak perlu repot-repot lagi ke ATM hanya untuk melakukan deposit. Anda hanya perlu men-download aplikasi bank Anda di ponsel. Dengan begitu, Anda bebas melakukan apapun dari sana, termasuk memasukkan uang.

7. Tidak menghiraukan potongan biaya
Jangan pernah menyepelekan potongan biaya. Tanpa Anda sadari potongan biaya ini akan terus bertambah. Jika sudah seperti ini, langkah bijak yang harus Anda lakukan adalah menelepon pihak bank dan mengatakan keberatan Anda.