7 Kondisi kuku tangan sebagai pertanda penyakit sedang mengintai

kuku-tangan

Selain dapat mempercantik penampilan, kuku juga bisa sebagai penanda status kesehatan seseorang. Dengan adanya perubahan pada kaku, maka Anda meski harus mengunjungi dokter untuk memeriksakan kondisi kesehatan Anda sekaligus mencari tahu apa yang terjadi pada tubuh Anda. Salah satu indikasi tersebut adalah adanya patch putih atau hitam dan garis-garis halus atau semburat warna kuning atau biru.

Dilansir laman Liputan6, inilah warna-warna kuku dan indikasi terkait penyakit yang ada di tubuh Anda dan Anda wajib tahu. Simak selengkapnya dibawah ini:

1. Berubah tebal dan kuning
Jika kuku Anda berubah menjadi kuning dan tebal, saatnya Anda melakukan pemeriksaan paru-paru. Ini merupakan indikasi, Anda mungkin mengembangkan sindrom kuku kuning, rentan terhadap penyakit paru-paru seperti bronkitis kronis.

Baca:   Hamil 8 Bulan Namun Perut Wanita Ini Tetap Six Pack (Rata)

2. Rapuh dan tipis serta bau
Biasanya didiagnosis gangguan tiroid. Jika tiroid terlalu tinggi, kuku dapat lepas dari akarnya.

3. Di beberapa area berwarna putih
Itu tanda rendahnya sel darah merah di tubuh. Ini berarti, sudah waktunya Anda mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi. Daerah putih pada kuku disebut leukonikia.

4. Kuku gelap atau biru gelap
Kuku gelap berarti Anda kekurangan aliran udara dan tidak mendapat suplai oksigen yang cukup ke bagian tubuh. Kondisi ini disebut penyakit Raynaud yang menyebabkan masalah pembuluh darah.

Baca:   Penting! 7 Hal Ini Sangat Berbahaya Bagi Ibu Hamil, Kamu Wajib Tahu

5. Kuku rusak
Bisa jadi Anda menderita psoriasis. Lihat permukaan kuku yang tak teratur bisa menyebabkan arthritis inflamasi atau penyakit tiroid.

6. Merah yang pucat
Sudah saatnya Anda memeriksa jantung. Sebab, tanda merah pucat pada kuku bisa menjadi indikasi jantung Anda dalam masalah. Ini bisa menjadi munculnya sejumlah kondisi jantung dalam tubuh.

7. Lihat garis kuku
Garis kuku ini disebut garis Beau. Ini bisa dijadikan tanda bahwa Anda stres.