7 Langkah Praktis Mengatasi PMS

Cara-mengatasi-PMS

Ketika premenstrual syndrome (PMS) sedang menyerang wanita, ribuan keluhan akan keluar dari mulut mereka. Mulai dari kepala sakit sampai kondisi perasaan yang tidak menentu membuat wanita ingin selalu dimengerti secara berlebih. Untuk mengatasi kondisi tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para wanita. Melansir laman Liputan.com, Jumat (29/4/2016), tujuh cara berikut mampu meringankan ketidaknyamanan Anda dalam menghadapi PMS.

1. Hindari konsumsi garam berlebihan. Dengan membatasi asupan garam dapat mengurangi retensi cairan dan kondisi kembung pada perut, yang memberikan ketidaknyamanan disaat PMS.

Baca:   6 Makanan Yang Bisa Bikin Hidup Bahagia

2. Minum banyak air mineral. Dengan meminum lebih banyak air dapat pula mengurangi rasa tidak enak pada perut, dan meluruhkan racun tubuh yang dapat memperburuk PMS Anda.

3. Hindari kafein. Kafein yang dapat meningkatkan ketegangan saraf akan memperburuk PMS. Dengan menghindari kafein, PMS akan berada pada kondisi yang normal.

4. Cukup tidur. Kurang tidur akan menyebabkan wanita mudah merasa lelah dan memicu tingkat stres saat PMS. Atur waktu tidur dengan teratur untuk menghindari emosi bergejolak sewaktu PMS.

Baca:   Ini penyebab rasa sakit menstruasi pada wanita berbeda-beda

5. Konsumsi makanan berkarbohidrat dan berserat. Semasa wanita mengalami PMS, energi akan keluar lebih banyak dari biasanya. Dengan mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan karbohidrat dan serat, mampu membantu PMS lebih normal juga baik untuk kesehatan tubuh.

6. Olahraga teratur. Olahraga dipercaya mampu mengurangi tingkat stres wanita, bahkan wanita yang rajin berolahraga mampu mengatur kadar hormon dengan baik jelang PMS.

Baca:   Jarang Makan Buah Berisiko Terserang Penyakit Jantung

7. Vitamin tambahan. Mengonsumsi beberapa vitamin tambahan seperti vitamin E akan meningkatkan kualitas kesehatan tubuh wanita khususnya serta mampu meredakan rasa nyeri pada payudara yang sering terjadi sewaktu PMS. Vitamin B6 juga perlu dikonsumsi oleh wanita PMS, dengan takaran 50 miligram atau 300 miligram setiap hari, yang berkhasia untuk meringankan gejala PMS yang dahsyat.

loading...