7 Obat Ini Jangan Anda Makan Saat Perut Kosong

Obat-DBD

Saat Anda pergi ke dokter dan mendapatkan obat, Anda biasanya disarankan untuk minum obat tersebut setelah makan. Tapi, pernahkah Anda bertanya kenapa Anda tidak disarankan untuk makan obat saat perut kosong? Penting juga mengetahui, obat-obatan apa saja yang tidak boleh diminum dalam kondisi perut kosong. Pasalnya, tidak semua obat kita dapatkan dari dokter atau disertai instruksi yang jelas.

Dikutip dari Kompas Health, mengapa obat-obatan tertentu disarankan dikonsumsi sambil makan atau sesudah makan? Ulasan lengkapnya bisa Anda simak dibawah ini:

Nonsteroid Anti-inflammation Drugs (NSAIDs)
NSAID atau obat anti-inflamasi non steroid digunakan untuk mengobati nyeri dengan cara memblokir prostaglandin atau reseptor nyeri di dalam tubuh. Naproxen digunakan untuk mengobati rasa sakit yang disebabkan oleh sakit kepala, arthritis, dan periode menstruasi yang menyakitkan. Ibuprofen dapat membantu mengurangi demam dan rasa sakit ringan yang disebabkan oleh infeksi gusi atau gigi berlubang.

Baca:   Perkiraan Biaya Yang dihabiskan Olga Syahputra Selama Berobat di Singapura

Aspirin sebagai obat pereda nyeri yang juga berpotensi mencegah serangan jantung dan stroke iskemik yang disebabkan oleh penggumpalan darah. Mengonsumsi NSAID setelah makan, dapat mencegah masalah pencernaan atau perdarahan di lambung dan usus.

Antasida
Antasida mengurangi mulas dan gangguan pencernaan dengan cara menetralkan asam lambung. Konsumsilah obat ini sekitar satu jam setelah makan atau selama makan. Namun, jika gejala gangguan pencernaan terjadi pada malam hari, di mana Anda sulit mengakses makan, silakan mengonsumsi antasida tanpa makan terlebih dulu.

Narkotika penghilang rasa sakit
Tidak seperti NSAID, penghilang rasa sakit narkotika atau opioid, bekerja dengan cara mengurangi sinyal rasa sakit di otak. Beberapa jenis opioid contohnya adalah codeine, hydrocodone, oxycodone, dan morfin. Untuk menghindari mual dan muntah, konsumsilah obat ini sambil makan. Makanan dengan serat di dalamnya sangat membantu untuk menghindari efek samping sembelit.

Baca:   Pentingnya Mengenali Tanda Awal Serangan Stroke

Prednison
Prednison tersedia dalam dalam bentuk pil atau cairan. Obat ini digunakan untuk orang-orang dengan tingkat kortikosteroid rendah. Kortikosteroid adalah hormon yang mengatur kelenjar adrenal yang menekan peradangan dalam tubuh dan melindungi kita dari arthritis dan multiple sclerosis. Konsumsilah obat ini sambil makan atau minum susu untuk membantu mengurangi iritasi lambung. Jika mengonsumsi prednisone dalam bentuk cair, FDA menyarankan mencampurnya dengan jus, saus apel, atau makanan lunak lainnya.

Metformin
Metformin digunakan sebagai obat diabetes tipe-2, kondisi kronis di mana tubuh tidak dapat mengontrol kadar gula darah. Sangat penting untuk mengonsumsi metformin dengan makanan untuk menghindari inkontinensia atau sakit perut. Minum obat diabetes sambil makan juga berguna untuk mencegah kondisi gula darah rendah.

Baca:   5 Hal ini yang dibayangkan wanita soal Mr P, bukan soal ukuran

Antibiotik
Setiap antibiotik bekerja melalui mekanisme yang berbeda sehingga saran tentang makanan mungkin berguna buat beberapa orang tapi bisa berbahaya bagi orang lain. Antibiotik yang harus dikonsumsi dengan perut penuh antara lain adalah amoksisilin, augmentin, dan klofazimin.

Kontrasepsi Oral
Mengonsumsi pil KB pada waktu yang sama setiap hari, penting agar pil bekerja sebagaimana mestinya. Penting juga mengonsumsinya setelah makan atau sambil makan. Minum pil KB dengan perut penuh akan membantu meminimalkan mual.

loading...