7 Peristiwa paling mencekam di tahun kabisat, dalam 15 detik 15 ribu orang tewas di tanggal 29 Februari

tahun kabisat
Hari ini, Senin 29 Februari 2016 adalah tahun kabisat. Perlu diketahui bahwa tidak semua orang bisa merasakan peristiwa penting di tahun kabisat, yakni pada tanggal 29 Februari. Di tahun kabisat, banyak orang lahir dan mati di tahun tersebut. Sementara itu, banyak juga orang yang menganggap bahwa tahun kabisat dan tanggal 29 Februari merupakan hari spesial. Perstiwa demi peristiwa berlalu setiap tahun, namun berbeda dengan peristiwa di Tahun Kabisat ini.

Semua orang tampak mengingatnya meski sebagian besar merupakan peristiwa heboh dan membuat geger saat Tahun Kabisat di tanggal 29 Februari. Dilanisr Pojoksatu.id, berikut ini 5 peristiwa penting yang mayoritas semuanya berisikan perang dan kematian di Tahun Kabisat pada 29 Februari. Baca ulasan lengkapnya dibawah ini agar Anda semakin tahun banyak.

1. 123 orang tewas kecelakaan pesawat pada Tahun Kabisat
Sebanyak 123 orang dalam pesawat pada 1996 tewas karena kecelakaan pesawat. Sebuah pesawat Boeing 737-200 yang dijadwalkan melakukan penerbangan dalam negeri di Peru mengalami kecelakaan. Saat itu pesawat boeing terbang pada Tahun Kabisat ini menuju tujuan pertama, Arequipa, namun nahas pesawat tersebut mengalami gangguan teknis. Belum usai di situ cuaca buruk memperparah kondisi penerbangan sehingga seluruh awak peswat dan penumpang tewas.

2. Saat Tahun Kabisat dalam 15 detik, 15 ribu orang tewas
Tak ada yang mengira momen pda Tahun Kabisat di saat pukul 23.40 waktu negara bagian Eropa Timur pda 1960 menjadi hari yang paling kelam. Gempa bumi 5.7 SR mengguncang Agadir. Bisa dibayangkan pada Tahun Kabisat hanya dalam waktu 15 detik kota yang berada di tepi pantai Maroko dekat dengan Samudera Atlantic itu memakan korban 15 ribu jiwa. Penduduk Maroko tewas seketika.

3. Kerusuhan di Haiti dan kudeta besar seorang Presiden ketika Tahun Kabisat
Presiden Haiti Jean-Bertrand Aristide pada tahun 2004 dikudeta dan diasingkan ketika Tahun Kabisat. Itu merupakan akhir dari kerusuhan terjadi antara sejumlah kelompok di Haiti akibat terbunuhnya salah satu kepala organisasi di Haiti.

4. Bosnia merdeka pada Tahun Kabisat
Bosnia & Herzegovina membuat referendum atau usulan melepas diri dari negara bagian Yugoslavia pda 1992. Akhirnya, Bosnia & Herzegovina berhasil merdeka pada 3 Maret 1992 saat Tahun Kabisat. Mereka melepas diri setelah perang saudara yang melibatkan seluruh negara bagian Yugoslavia pada tahun 1970-an.

5. Peran Perancis dan Pribumi Amerika saat Tahun Kabisat
Pada 1704 Pasukan Perancis dan Pribumi Amerika menyerang Deerfield, Massachusetts. Perang ketika Tahun Kabisat itu disebut perang Ratu Anne itu menewaskan 56 warga dan menawan lebih dari 100 orang.

6. Perang saudara ketika Tahun Kabisat
Pada 1864 terjadi Perang Saudara Amerika. Serangan Kilpatrick-Dahlgren ternyata gagal. Rencana saat Tahun Kabisat untuk membebaskan 15.000 tentara Union yang ditawan di dekat Richmond, Virginia berhasil digagalkan.

7. Perang Vietnam di Tahun Kabisat
Korea Selatan pada 1972 menarik diri dari Perang Vietnam. Korea menarik lebih dari 300.000 personilnya ketika Tahun Kabisat dari daratan Vietnam. Peran Korea Selatan berawal sejak 1964 dengan mendukung pihak sekutu Amerika Serikat dan ikut mendukung negara bagian selatan Vietnam.

loading...