7 Tanda-tanda Anda akan dipecat dari pekerjaan

dipecat-dari-pekerjaan

Siapapun tidak ada yang mau dipecat dari pekerjaan. Tapi, hal itu memang tidak bisa dihindari karena bekerja itu penuh dengan risiko. Tapi, bukan hanya itu saja seseorang bisa dipecat. Salah satu faktor lain seorang karyawan dipecat adalah karena tidak ada kontribusi yang diberikan kepada perusahaan. Nah, jika masih ingin bekerja di tempat Anda sekarang, coba perhatikan 7 hal dibawah ini, dikutip dari Metrotvnews.com. Jika ada yang sesuai, maka kemungkinan Anda berpotensi untuk dipecat dari pekerjaan Anda saat ini.

1. Jarang menerima email penugasan dari atasan
Perhatikan, apakah Anda mulai jarang menerima email penugasan dari bos? Hal itu mungkin terjadi karena kinerja Anda dianggap kurang memuaskan dan Anda tidak dipercaya menangani suatu proyek.

2. Diminta membuat daftar pekerjaan
Tiba-tiba atasan meminta Anda membuat daftar pekerjaan yang selama ini Anda lakukan. Ini menjadi penanda bahwa Anda sedang diawasi atau bahkan akan dipecat. Dikutip Times of India, ketika seorang atasan meminta Anda untuk membuat daftar lengkap “segala sesuatu” yang sedang Anda kerjakan, maka itu adalah tanda peringatan awal sebelum pemecatan terjadi.

Baca:   5 Pekerjaan Unik Yang Jarang diketahui Orang

3. Jumlah pekerjaan lebih sedikit dibanding karyawan lain
Ketika Anda diberikan proyek kerja lebih sedikit, ini menunjukkan hal-hal buruk akan terjadi. Ketika karyawan lain dibebani beragam tugas pekerjaan, sementara Anda hanya diberi porsi kecil atau malah tidak diberi tugas sama sekali, berhati-hatilah karena ini pertanda Anda akan dipecat.

4. Jadwal kerja berubah
Tanda-tanda lain bahwa Anda akan dipecat yaitu jumlah jam kerja yang dibebankan kepada Anda mulai berkurang dibandingkan sebelumnya.

5. Diabaikan
Perhatikan, apakah Anda diabaikan oleh teman satu tim dan atasan? Tidak disertakan dalam sebuah proyek, tidak diberi penugasan, atau tiba-tiba dipindah ke divisi yang berlawanan dengan profesi pekerjaan Anda sebelumnya, itu menjadi tanda Anda sudah “tidak diinginkan” perusahaan.

Baca:   4 Cara Mengatasi Rasa Jenuh di Tempat Kerja

6. Email kantor tidak berfungsi
Setiap perusahaan biasanya memberikan sebuah alamat email kantor kepada karyawannya. Email tersebut berfungsi untuk mengirimkan berbagai informasi penting kepada seluruh perusahaan. Jika email kantor Anda sudah tidak berfungsi atau ditutup, maka hal itu bisa menjadi salah satu tanda Anda akan dipecat.

7. Mendapat teguran dan surat peringatan
Teguran lisan biasanya diberikan atasan sebagai peringatan bahwa kinerja Anda merosot. Bila setelah teguran tersebut kinerja Anda tidak berubah menjadi lebih baik, maka Anda akan menerima teguran tertulis dalam bentuk surat peringatan. Pada beberapa perusahaan, surat peringatan maksimal diberikan tiga kali. Jika sampai menerima dua kali surat peringatan, maka Anda lebih baik siap-siap mencari nafkah di perusahaan lain.