7 Trik mencegah penipisan rambut

mengatasi rambut tipis, cara mengatasi rambut tipis

Cara mencegah penipisan rambut adalah dengan rajin melakukan perawatan. Jika Anda biarkan, maka rambut Anda akan mengalami penipisan dan bisa bikin penampilan Anda jadi lebih tua. Untuk terlihat prima banyak selebritas dan pengantin yang menggunakan hair extension pada hari penting mereka. Namun untuk kegiatan sehari-hari, tentunya sambungan rambut ini terlalu merepotkan.

Sayangnya, seiring bertambahnya usia Anda, rambut bisa kehilangan ketebalannya. “Saat kita menua, rambut akan kehilangan densitasnya dan helaiannya juga akan menjadi semakin tipis,” ujar Tsippora Shainhouse, M.D, seorang dermatolog di Beverly Hills, AS. Helaian rambut memiliki siklus hidup dua sampai tujuh tahun. Tapi saat kita menua, folikel rambut akan menyusut, dan kecepatan penumbuhan rambut juga akan berkurang, lanjut Shainhouse.

“Rambut yang tumbuh akan jadi semakin halus, sampai akhirnya, folikel rambut berhenti memproduksi rambut baru,” ujarnya. Untungnya, seperti dikutip oleh laman Liputan6.com, Kamis (10/3/2016), ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga ketebalan rambut. Seperti apa caranya? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

Baca:   5 Kebiasaan buruk wanita yang bikin rambut tak sedap dipandang

1. Palsukan dengan volume
Iklan sampo tak hanya janji bohong belaka. “Densitas rambut memang susah untuk diperbaiki, tapi sampo yang menebalkan dan menambah volume rambut bisa membantu membuat rambut terlihat lebih lebat. Sampo ini bahkan juga bisa membuat setiap helaian rambut terlihat lebih tebal,” ujar Shainhouse.

2. Jaga setiap helaian rambut
Normalnya kita kehilangan 60-100 helaian rambut setiap harinya. Perawatan sehari-hari seperti mencuci, mengeringkan, meluruskan, dan mengecat rambut setiap bulan bisa memberatkan rambut, dan membuatnya rontok lebih banyak – dan akan lebih banyak lagi saat kita bertambah tua. “Rambut yang tua semakin rapuh dan butuh dirawat dengan lebih hati-hati,” kata Shainhouse. Dia menyarankan untuk mengurangi penggunaan produk perawatan rambut dengan zat kimia yang membuat kering dan berbasis alkohol.

3. Lembapkan, lembapkan, lembapkan
Anda tentu sadar kulit yang terlihat kering dan pecah-pecah akan terlihat jauh lebih tua dibanding kulit yang lembap. Hal yang sama berlaku untuk rambut. Kulit kepala memproduksi lebih sedikit minyak alami seiring kita menua, jadi berilah kulit kepala Anda bantuan dengan cara menggunakan conditioner yang melembapkan, masker rambut, atau minyak perawatan untuk mengembalikan kelembapan rambut.

Baca:   Tren Terbaru, Wanita di Inggris Gunakan Urine Untuk Hilangkan Jerawat

4. Mengonsumsi suplemen
Walaupun tidak ada pil ajaib yang akan melebatkan rambut, tapi ada suplemen yang bisa membantu rambut jadi lebih kuat dan tebal seiring waktu. Shainhouse menyarankan untuk mencari suplemen yang kaya akan kandungan biotin, silika, dan horsetail, yang telah diteliti memang bisa meningkatkan pertumbuhan dan ketebalan rambut.

5. Konsultasi dengan dokter
Walaupun penipisan rambut biasanya berhubungan dengan usia, hal ini juga bisa jadi penanda gangguan kesehatan. “BUkanlah hal yang tak biasa pada wanita lanjut usia untuk mengalami kekurangan zat besi sehingga terkena anemia, sakit kelenjar tiroid, atau kadar vitamin D-nya rendah,” kata Shainhouse. Semua hal di atas berhubungan dengan penipisan rambut. Kunjungi dermatolog Anda untuk melakukan tes uji darah memastikan apakah Anda mengalami kekurangan salah satu dari nutrisi di atas.