8 Cara memilih warna cat rambut agar tidak salah

Warna cat rambut

Zaman sekarang ini, tampil cantik dengan gaya rambut warna-warnia sudah menjadi bagian dari penting dari fashion. Selain untuk mengubah penampilan lama yang dianggap membosankan, mewarnai rambut bisa membuat Anda semakin pecaya diri. Agar hasilnya sesuai dengan yang Anda harapkan, Anda melakukannya dengan meminta bantuan para profesional di salon atau menggunakan produk cat rambut. Tapi terkadang musibah terjadi dan hasil yang didapatkan jauh dari harapan.

Jangan panik dulu, ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebelum memilih warna cat rambut kok. Dikutip dari laman Merdeka.com, berikut 8 cara memilih warna cat rambut yang bisa mengubah penampilan Anda semakin cantik da percaya diri.

1. Kesalahan Menggunakan Produk Cat Rambut
Berapa lama waktu yang dihabiskan di hadapan berkotak-kotak cat rambut dengan macam-macam warna rambut? Memilih warna rambut memang dibutuhkan ketelitian, karena gambar yang tercantum di kemasan dan contoh rambut dapat memberikan hasil yang berbeda. Untuk menghindarinya, sebelum memutuskan untuk membelinya baca nama lengkap dari warna cat rambut tersebut. Misalnya jika tertulis ash blonde sementara Anda menginginkan warna rambut pirang, tentunya produk ini tidak cocok untukmu.

2. Minta Bantuan Ahli
Pengennya sih memiliki gaya rambut dengan perpaduan warna rambut pirang dan warna rambut alami, sehingga rambut terlihat berkilau seperti sedang tertimpa sinar matahari. Tapi ternyata hasilnya malah rambut tampak belang dan berlebihan. Untuk teknik pemberian warna rambut highlight, lebih baik minta bantuan colorist berpengalaman untuk meletakkan warna rambut yang dapat membingkai wajah dengan cantik.

Baca:   6 Tips Bercinta Agar Bisa Hamil Dengan Bayi Laki-Laki, Anda Mau Tahu Caranya?

3. Jangan Pilih Warna Rambut Terlalu Menyimpang
Walau ingin terlihat beda dan unik, bukan berarti wajib memilih warna cat rambut yang sangat berbeda dibandingkan dengan warna rambut alami. Bagaimanapun juga, warna rambut asli merupakan warna yang paling sesuai dengan warna kulit, mata, dan bagian wajah lainnya.

Namun Anda bisa memperindah penampilan warna rambut dengan berpegang pada aturan memilih warna cat rambut yang tidak melebihi 2 warna lebih terang atau gelap dari warna rambut alami. Misalnya jika memiliki warna rambut coklat, gunakan warna cat rambut karamel atau merah kecoklatan, yang memberikan kilau alami.

4. Rawat Rambut Rusak Sebelum Diwarnai
Sebagai perempuan yang mengikuti trend, tentunya tidak mau ketinggalan dalam mengaplikasikan trend warna rambut terkini. Sayangnya, kondisi rambut yang kurang sehat membuat hasil pewarnaan rambut terlihat kusam dan tidak bercahaya.

Jadi sebelum memutuskan untuk mengubah warna rambut, lebih baik rawat rambut hingga sehat dan bebas dari masalah, seperti rambut kering, kerontokan rambut, atau ujung rambut bercabang. Jangan lupa untuk rutin keramas dan memanfaatkan masker rambut untuk memperoleh rambut yang indah dan sehat kembali.

5. Trik Mewarnai Rambut Gelap
Jika rambut berwarna cerah alami, penggunaan warna ombre dapat dalam sekejap mengubah penampilan. Tapi sebaliknya, penggunaan trend warna ombre pada rambut warna coklat tua atau hitam justru dapat memunculkan nuansa berwarna oranye. Untuk mendapatkan warna ombre terbaik, diperlukan bleaching yang merupakan proses kompleks dan sulit. Jadi tinggalkan tugas ini pada tangan colorist, untuk mendapatkan kombinasi warna rambut ombre yang diinginkan.

Baca:   PNS dipecat Setelah Menonton Film Blue Selama 39 Jam di Kantor

6. Lakukan Tes Warna Sebelum Memulai
Pernah mewarnai rambut di rumah dan membenci hasilnya? Hal tersebut dapat dihindari jika mau meluangkan sedikit waktu dan usaha untuk melakukan tes warna rambut. Cukup oleskan sedikit cat rambut di bagian rambut yang tersembunyi, untuk melihat bagaimana warna rambut yang dihasilkan.

7. Ketika Warna Rambut Terlalu Gelap
Menggunakan pewarna rambut yang terlalu gelap dapat menutupi indahnya kilau rambut alami. Bukannya terlihat lebih fresh dan awet muda, tapi malah terlihat kusam dan lebih tua dari umur sebenarnya. Untuk mencegah hal ini terjadi, jangan meninggalkan cat rambut terlalu lama di rambut karena dapat meninggalkan warna yang lebih gelap.

8. Penggunaan Produk Rambut Lainnya
Setelah memiliki warna rambut impian, pilihan menata gaya rambut terbaru ada di tanganmu. Mulai dari mengeriting, meluruskan, atau membuat bun. Tanpa disadari, penggunaan produk rambut seperti hairspray yang mengandung alkohol dapat membuat rambut kering dan memudarkan warna secara drastis. Hindari dengan membaca bahan-bahan yang tercantum dalam kemasan produk rambut. Pilih produk khusus untuk rambut diwarnai untuk menjaga warna rambut lebih tahan lama dan sehat.