8 Hal mengerikan yang bisa terjadi pada orang kesepian, termasuk mati mendadak

orang-kesepain

Bagi kamu yang merasa hidup kesepian, sebaiknya kamu cepat-cepat bersosialisasi. Jangan karena hidup kesepian, kamu mendadak terkena serangan jantung hingga bisa mati mendadak. Bukan hanya itu, kesepian dalam waktu yang cukup lama juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan jiwa seseorang. Manusia adalah makhluk sosial, jadi tidak baik untuk hidup sendiri tanpa teman bicara atau berbagi cerita.

Dilansir dari Pojoksatu.id, berikut 8 bahaya kesepian paling mengerikan. Selengkapnya bisa kamu simak dibawah ini:

1. Serangan jantung
Bahaya kesepian paling mengerikan adalah rentan terkena serang jantung yang bisa menyebabkan kematian mendadak. Sebuah studi di Havard tahun 2012 menunjukkan bahwa 24 persen orang dewasa yang hidup seorang diri memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung. Ketika seseorang tidak mendapat dukungan secara sosial, maka akan lebih mudah stres yang pada akhirnya meningkatkan kemungkinan terkena serangan jantung.

Baca:   7 Ciri-ciri pria yang jadi suami yang baik

2. Rentan depresi
Depresi bisa terjadi saat seseorang tak memiliki tempat untuk berbagi cerita dan berbagi masalah, seperti yang sering dilakukan manusia pada umumnya. Depresi bisa dilihat dari munculnya rasa tak nyaman saat sedang sendiri. Berdasarkan hasil penelitian Universitas Chicago, seseorang yang larut dalam kesedihan, semakin besar kemungkinan mengalami gejala depresi.

3. Kecemasan sosial
Seseorang yang sering kesepian akan merasa takut untuk meninggalkan rumah dan bersosialisasi dengan orang lain. Ia merasa tak disukai atau tidak cocok bergaul dengan orang lain. Ini terjadi karena terlalu lama hidup sendiri dan tidak nyaman saat dia berada di antara orang banyak.

Baca:   Bukan Uang Bukan Wajah Tampan, Ini Yang dibutuhkan Wanita Dari Pria

4. Sistem kekebalan tubuh lemah
Hasil penelitian Ohio State University tahun 2013 menunjukkan bahwa seseorang yang merasa kesepian dimungkinkan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Seseorang yang merasa kesepian akan lebih rentan mengalami inflamasi atau peradangan. Hal ini terkait dengan kondisi kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, atritisn dan alzheimer.

5. Kecanduan narkoba
Saat seseorang merasa kesepian dan tidak bisa terhubung dengan orang lain, maka ia akan berusaha terhubung dengan apapun yang dijumpai, termasuk obat terlarang dan narkotika. Tak heran beberapa orang yang kesepian bisa melarikan diri dari rasa sepi dengan mencari narkoba.

6. Pola makan tidak sehat
Orang yang merasa kesepian akan mengurangi perhatian terhadap dirinya, alias abai terhadap kesehatan dirinya. Seorang ilmuan bernama Bruce Rabin mengatakan bahwa pola makan orang-orang yang merasa kesepian menjadi tidak sehat, apalagi hanya makan seorang diri. Berbeda dengan mereka yang menyiapkan masakan untuk orang lain.

Baca:   Pria Tua 61 Tahun Ini Mengaku Sudah 6 Tahun Hidup Dengan Boneka Seks Saori

7. Hobi kumpulkan sampah
Pernah mendengar seseorang yang hobi menimbun sampah hingga rumahnya penuh dengan barang tak berguna tersebut? Itu masuk dalam jenis gangguan jiwa bernama Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Barang-barang itu digunakan untuk menutupi kekosongan dalam hatinya, dan makin banyak menumpuk akan menimbulkan rasa puas.

8. Sama bahayanya merokok 15 batang sehari
Risiko yang dihadapi orang yang kesepian bertahun-tahun ternyata sama bahayanya dengan obesitas atau merokok 15 batang sehari. Penelitian menunjukkan kesepian akut meningkatkan risiko mati muda sebesar 14 persen.

loading...