8 Makanan pemicu timbulnya jerawat

jerawat

Cara untuk mengatasi tumbuhnya jerawat di wajah adalah dengan menghindari sejumlah makanan yang diyakini jadi pemicu munculnya jerawat. Walaupun menurut para ahli bahwa perubahan hormon dan juga stres bisa menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya jerawat. Namun, ada sejumlah makanan yang disebut sebagai penyebab jerawat.

Dalam studi pada 2002 yang diterbitkan dalam Archives of Dermatology menunjukkan bukti kuat, makanan tertentu dapat menyebabkan jerawat. Teorinya, karbohidrat olahan menyebabkan peningkatan produksi sebum dan tersumbatnya pori-pori. Jadi, makanan apa saja yang mempengaruhi jerawat? Dilansir Liputan6, simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

Baca:   5 Cara Jitu Memperindah Payudara, Tidak Ada Salahnya Untuk Anda Coba

1. Cokelat
Kita tahu, makanan tinggi gula seperti cokelat dapat meningkatkan produksi sebum dan merespons inflamasi dalam tubuh sehingga merangsang munculnya jerawat.

2. Makanan pedas
Makanan yang terlalu banyak rempah-rempah terutama cabai juga dapat mempengaruhi kondisi kulit Anda.

3. Keju
Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology pada 2005 ditemukan, pola makan 47.355 wanita yang cenderung mengonsumsi produk susu dan olahannya seperti keju. Hasilnya mengejutkan, sebagian dari mereka mengalami jerawat.

Baca:   7 Hal Penting Soal Depresi Yang Perlu diketahui

4. Kacang-kacangan
Produk-produk kacang dan olahannya juga memicu timbulnya jerawat. Hal ini memang tidak berlaku pada setiap orang namun kacang-kacang dapat merangsang produksi minyak berlebih sehingga muncul jerawat.

5. Sushi
Terkejut? Ya, sushi mengandung cukup iodida yang menyebabkan jerawat.

6. Susu
Sebuah studi yang melibatkan 4.273 remaja laki-laki menemukan hubungan antara susu dan jerawat. Susu diklaim mengandung kadar tinggi hormon yang dapat memperbanyak kelenjar minyak.

Baca:   6 Cedera Yang Sering Terjadi Saat Melakukan Hubungan Intim

7. Kentang goreng
Kentang goreng merupakan karbohidrat olahan yang perlu Anda pertimbangkan bila tak ingin berjerawat.

8. Soda
Soda sarat dengan gula dan memiliki glikemik tinggi yang menyebabkan peningkatan kadar gula darah dan lemak. Untuk melawan lonjakan gula darah, tubuh maka akan menghasilkan lebih banyak insulin dan testosteron sehingga memicu peradangan kulit dan tersumbatnya pori-pori.

loading...