9 Makanan Wajib Untuk Kulit Sehat dan Mulus

Kulit-mulus

Bukan hanya faktor genetik, pilihan makanan yang masuk dalam tubuh juga ikut mempengaruhi kondisi kesehatan kulit. “Kita mungkin tak bisa mengubah DNA atau menghilangkan sepenuhnya kecenderungan munculnya jerawat terkait stres. Tapi kita bisa mengonsumsi makanan yang membuat kulit jadi lebih indah,” ujar Kimberly Snyder, ahli gizi selebritas serta penulis buku best seller The Beauty Detox Solution.

Pada kenyataannya asupan makanan kita memang tampak pada kondisi tubuh secara keseluruhan. Kimberly memberi bocoran sembilan jenis makanan yang bisa dikonsumsi agar kulit lebih mulus dan kinclong, dilansir dari situs Liputan6.com, Senin (25/4/2016). Mau tahu makanan apa saja itu? Simak selengkapnya dibawah ini:

1. Mentimun
Mentimun mengandung banyak air serta enzim yangmenghidrasi kulit. Kulit yang lembap adalah kunci untuk tampil lebih muda. Mentimun juga mengandung vitamin B, C,zinc, besi, asam folat, kalsium, magnesium, dan potassium. Selain itu mentimun mengandung zat anti-inflamasi sehingga efektif mengurangi sembap.

2. Rumput laut
Rumput laut kaya akan vitamin B dan mineral seperti besi yang membantu melancarkan peredaran darah sehingga membuat tubuh lebih berkilau. Makanan yang dijadikan sajian khas restoran Jepang ini juga banyak mengandung iodine yang bermanfaat bagi metabolisme tubuh.

Baca:   8 Faktor Penyebab Bau Mulut Selain Masalah Kesehatan Mulut

3. Kale
Sayuran hijau ini merupakan sumber vitamin A, C, dan E yang semuanya bermanfaat mencegah penuaan dini dan membantu pertumbuhan sel baru. Kale kaya akan mineral seperti magnesium dan kalsium yang dibutuhkan kulit.

4. Pepaya
Buah berdaging kemerahan ini tinggi beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A di tubuh dan bekerja memperbaiki kulit. Enzim papain dalam pepaya juga bisa digunakan sebagai masker untuk mengeksfoliasi wajah. Saat dikonsumsi, papain akan membantu membersihkan pencernaan dan membuat kulit dan mata sehat.

5. Sauerkraut (asinan kubis) mentah
Asinan kubis mentah serta makanan kaya probiotik lainnya adalah kunci untuk mendapatkan kulit bersih dan bersinar. Asinan kubis atau sauerkraut melancarkan perncernaan sehingga tubuh bisa menyerap nutrisi dengan lebih baik.

Baca:   Tidak Punya Penis, Pria Ini Mengaku Sudah Setubuhi 100 Wanita

6. Biji labu
Segenggam biji labu mengandung vitamin B dan biotin yang diperlukan tubuh untuk memperkuat rambut, kuku, dan kulit. Biji labu kaya akan mineral seperti zinc. Jika tubuh kekurangan zinc bisa menyebabkan jerawat.

7. Biji chia
Bahan makanan yang satu ini tengah populer di kalangan penggemar makanan sehat. Biji chia mengandung asam lemak esensial yang menutrisi kulit dan kulit kepala serta kaya akan antioksidan yang menghalau radikal bebas.

8. Kol atau kubis
Kubis merupakan salah satu asupan makanan penting jika Anda ingin memiliki kulit mulus dan kinclong. Kol atau kubis mengandung senyawa sulforaphane yang berfungsi sebagai antioksidan yang membuat kulit awet muda. Kol juga kaya akan vitamin C.

9. Lemon
Lemon sangat mudah dan lezat untuk dikonsumsi. Anda bisa membubuhkannya pada minuman atau makanan kesukaan. Lemon memberi suntikan vitamin C dan enzim dalam lemon juga membantu meremajakan jaringan lever dan membantu produksi kolagen.