Ada Apa Pria Iran Ramai-Ramai Bagikan Foto Pakai Hijab di Sosmed?

Pria-berhijab

Dalam beberapa hari terakhir, ada kejadian unik yang sedang ramai di Iran dimana pria ramai-ramai menggunakan jilbab atau hijab. Apa yang terjadi? Ternyata aksi nyeleneh tersebut jadi bagian dari gerakan #MenInHijab. Orang yang pertama memulai aksi ini adalah Masih Alinejad dari My Stealthy Freedom.

My Stealthy Freedom adalah sebuah gerakan sosial online dimana perempuan Iran bisa dengan bebas membagikan foto tanpa hijab mereka di akun grup tersebut. “Website kami adalah bank dari foto dan video yang dibagikan oleh perempuan-perempuan pemberani, dan liputan media (baik positif dan negatif) yang kami terima dari dalam dan luar Iran,” tulis My Stealthy Freedom di website resminya.

Baca:   Dijanjikan dibelikan Hanphone Baru, Mahasiswi Rela Mesum ditoilet Sambil direkam

Nah, aksi pria memakai hijab adalah salah satu kegiatan My Stealthy Freedom yang sekali lagi menyuarakan kebebasan tidak memakai hijab bagi perempuan. Isu ini memang belakangan memanas di Iran. Memang sejak revolusi Islam di tahun 1979, perempuan Iran diharuskan memakai hijab saat keluar ruangan. Apabila tidak, mereka terkena sangsi dari ‘polisi moral’ yang tersebar di banyak tempat.

Baca:   Kecurigaan Nenek Saat Mandikan Jasad Cewek Korban Geng Motor Cirebon, Ternyata...

“Kebanyakan dari pria yang mengikuti gerakan ini hidup di Iran dan mereka menyaksikan bagaimana saudara perempuan mereka menderita di tangan polisi moral dan dipermalukan dengan pemaksaan memakai hijab,” ujar Alinejad pada Independent, dikutip dari Merdeka, Sabtu (30/7/2016).

Memang dalam gerakan ini setiap pria yang berfoto memakai hijab ditemani oleh saudara perempuan atau istri mereka yang tidak memakai hijab. Gerakan ini sendiri di Facebook sudah mendapat Like tembus 1 juta dan menerima dukungan dari berbagai pihak.