Ada Gulungan Besar di Pertu Wanita Ini, Ternyata Hal Yang Sangat Mengejutkan

gumpalan-rambut

Seorang wanita berusia 38 tahun memeriksakan diri ke dokter setelah mengalami mual, muntah, dan konstipasi selama 2 hari. Ia juga terus menerus memuntahkan makanan yang dicoba ditelannya. Lalu, perutnya pun tampak membuncit.

Dikutip dari liputan6.com pada Jumat (7/10/2016), wanita itu juga kehilangan 7 kilogram dalam 8 bulan terakhir. Selera makannya juga menurun. Semua gejala itu dilaporkan oleh seorang dokter dalam BMJ Medical Report.

Laporan menyebutkan bahwa dokter-dokter melakukan serangkaian uji untuk menungkapkan misteri penyakit wanita tadi. Tidak ada hasil yang memuaskan, kecuali uji darah yang mengungkapkan kurangnya protein dalam tubuh pasien.

Para dokter menduga bahwa gejala-gejala yang dialami wanita itu kemungkinan besar berkaitan dengan sesuatu yang menghalangi saluran pencernaan. Mereka memutuskan untuk melakukan pembedahan.

Ternyata, di dalam lambung pasien ada sebuah gelungan rambut berukuran seperti buah melon, sebesar 15 x 10 centimeter. Bahkan, seperti tertera dalam laporan, ada ‘buntut’ pendek yang menyusup hingga bagian atas usus kecilnya.

Kemudian, masih di usus kecil, para dokter menemukan bola rambut yang berukuran lebih kecil, yaitu 4 x 3 centimeter.

gumpana-rambut

Menurut tulisan para dokter, bola rambut yang lebih kecil itulah yang diduga menyebabkan rendahnya kadar protein dalam tubuh wanita tersebut karena penyerapan protein berlangsung dalam usus kecil.

Dua bola rambut itu sudah diangkat dan wanita itu sedang dalam pemulihan. Ia dinasehati agar menyantap makanan berprotein tinggi.

Menurut laporan tersebut, wanita itu mengalami gangguan kejiwaan langka yang dikenal dengan ‘Rapunzel syndrome’ suatu nama yang berasal dari putri dongeng pemilik rambut sangat panjang karangan Grimm Bersaudara.

Sindroma tersebut disebabkan oleh gangguan kejiwaan sedemikian rupa sehingga orang secara kompulsif menelan rambutnya sendiri, dikenal dengan istilah trichophagia.

Trichophagia itu sebetulnya memiliki hubungan dengan gangguan yang lebih lazim ketika orang tidak bisa menahan diri dari dorongan-dorongan untuk mencabuti rambutnya sendiri, dikenal dengan istilah trichotillomania.

loading...