Ahok Akan dipanggil KPK Selasa Pekan Depan

Ahok-Gubernur-DKI

Pada Selasa pekan depan, 12 April 2016, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan dipanggil KPK. Terkait dengan pemanggilan itu, Ahok mengaku akan memenuhi pemanggilan tersebut oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, pemanggilan dirinya ini tidak ada kaitannya dengan kasus yang saat ini sedang hangat dibicarakan, yakni kasus reklamasi, namun berkaitan dengan dugaan pelanggaran pada pembelian lahan RS. Sumber Waras.

Baca:   Ahok mengaku punya Konsultan gaib, siapa dia?

“Saya dipanggil KPK, tapi soal Sumber Waras, (hari) Selasa,” ujar Ahok sapaan karibnya di Balai Kota Jakarta, dikutip oleh Rimanews, Jumat (8/4/2016). Soal pemanggilan tersebut, diakui Ahok bukan masalah buat dirinya. Sebab, sebelumnya dirinya pun sudah berulang-ulang kali memenuhi panggilan penyelenggara hukum untuk memberi kesaksian pada kasus korupsi Uninterruptible Power Supply (UPS).

“Ya datang dong, saya udah pernah dipanggil Bareskrim, dipanggil BPK, dipanggil KPK kan, ya lumayan lah udah bagus karirnya,” terang Ahok. Mantan Bupati Belitung Timur itu diduga memiliki peran penting dalam kasus Sumber Waras. Pada perkara ini sebelumnya BPK telah menemukan sedikitnya enam penyimpangan penggunaan APBD DKI tahun 2014 lalu.

Baca:   Meninggal, Pengemis Arab Ini Tinggalkan Harta Miliaran Rupiah

Enam penyimpangan itu adalah penyimpangan dalam tahap perencanaan, penganggaran, tim, pengadaan pembelian lahan RS Sumber Waras, penentuan harga, dan penyerahan hasil. Dalam perkara ini Pemerintah Provinsi membeli lahan milik Yayasan Kesehatan Sumber Waras (YKSW) senilai Rp800 miliar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2014.

Oleh BPK, proses pembelian itu dinilai tidak sesuai dengan prosedur dan Pemprov DKI membeli dengan harga lebih mahal dari seharusnya sehingga mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp191 miliar.

Baca:   5 Fakta Brigjen Gadungan Berhasil Nikahi Wanita Cantik dan Bawa Kabur Uang Rp 350 Juta
loading...