Ajak pria salaman, wanita Iran terancam penjara lebih dari 12 tahun

Atena-Farghadani

Menggambarkan pemerintahan Iran sebagai kumpulan monyet dan kambing, Atena Farghadani (29) harus menerima risikonya dipenjara sejak Februari 2015 lalu. Bahkan, hukuman Atena bisa bertambah berat karena telah bersalaman dengan pengacaranya yang seorang pria didalam penjara.

Menurut berita yang dilansir laman Merdeka.com, Senin (14/9/2015), Farghadani oleh Pengadilan Teheran pada 1 Juni lalu sudah divonis 12 tahun penjara. Selain kartun-kartunnya dianggap menghina pemerintah, dia dituding mencemarkan nama baik Pemimpin tertinggi Iran, Ayatullah Ali Khamenei.

Baca:   5 Kelompok Teroris Paling Sadis di Dunia, ISIS dibawah Boko Haram

Masalah Farghadani bertambah, setelah sipir memergokinya menjabat tangan sang pengacara, Mohammad Moghimi, saat dikunjungi di Penjara Garchak, lokasi berkumpulnya mayoritas tahanan politik Iran. Mereka berdua didakwa melakukan zina. Bersentuhan bukan muhrim dihukum cukup berat di Negeri Para Mullah itu. Hukuman penjara yang diterima Farghadani kini hampir pasti lebih dari 12 tahun.

Baca:   Status Anggun C Sasmi di Twitter Soal Kasus Penistaan Agama Yang Bikin Heboh Netizen

Lembaga hak asasi, Amnesty International, menyebut Iran melakukan pemberangusan sistematis terhadap hak Farghadani menyuarakan pendapatnya. Farghadani kabarnya kini melakukan mogok makan karena hukuman buatnya dianggap tidak adil. Petisi dalam jaringan untuk membebaskan Farghadani telah didukung 10.608 orang.

Farghadani mulai menggambar lima tahun terakhir. Dia keras mengkritik undang-undang Iran yang melarang kontrasepsi sukarela perempuan.

loading...